Smartphone Internet

Brand Smartphone Ini Akan Diluncurkan Untuk Menyambut Teknologi 5G

Brand Smartphone Ini Akan Diluncurkan Untuk Menyambut Teknologi 5G

Teknologi 5G digadang-gadang kan akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Dan kita akan menikmati fasilitas dari generasi ke 5 dari jaringan nirkable ini. Beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan telah menargetkan penggunaan teknologi jaringan nirkabel 5G yang lebih luas mulai dari tahun 2019 hingga 2020.

Jaringan 5G merupakan perombakan total terkait konektivitas dari jaringan 4G. 5G akan cukup cepat untuk menggantikan WiFi di rumah dan dengan demikian akan memungkinkan perangkat untuk benar-benar selalu tetap terhubung di mana pun Anda berada.

Jaringan 5G juga memiliki bandwidth yang jauh lebih tinggi untuk mendukung lebih banyak perangkat yang dapat terhubung secara bersamaan dengan latensi(jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantaran paket data dari pengirim ke penerima) yang lebih sedikit.

Dalam acara Snapdragon Technology Summit yang digelar oleh Qualcomm yang diadakan di Maui, Hawaii, Cristiano Amon sebagai Presiden Qualcomm mengatakan, Qualcomm beserta para produsen smartphone dan operator seluler di industri telekomunikasi bekerja sama membangun ekosistem 5G agar bisa dinikmati lebih cepat. Dari penyataan tersebut, sang Presiden berharap agar teknologi 5G dapat segera diterapkan.

Amon juga mengatakan, "Ini akan menjadi infrastruktur dasar bagi masyarakat yang akan dapat menghubungkan segala sesuatu di sekitar kita. 5G juga akan memimpin penciptaan industri dan jasa yang belum dibayangkan". Menurutnya, teknologi 5G memiliki potensi untuk menjadi salah satu transisi teknologi terbesar.

Salah satu tantangan terbesar dari teknologi 5G ialah memastikan bahwa teknologi ini benar-benar bekerja sebagaimana yang dijanjikan.

Selain itu, produsen ponsel juga harus memperhatikan perangkat mereka yang mendukung jaringan 5G. Produsen ponsel harus berpikir tentang masa pakai baterai, karena setiap generasi baru dari konektivitas seluler yang lebih cepat telah mengurangi pemakaian baterai. 5G juga harus didukung dengan performa, mobilitas, form factor dan lain-lain.

Sejumlah produsen ponsel tengah bersiap menghadirkan smartphone berkemampuan 5G. Samsung, misalnya, berancang-ancang meluncurkan ponsel 5G pada tahun 2019 ini

Samsung tidak menyebutkan merek ponsel tersebut, namun terdapat isu bahwa smartphone ini disinyalir merupakan smartphone flagship seri Galaxy S berikutnya, yakni Galaxy S10.

Selain Samsung, brand ternama ponsel lainnya juga sedang menyiapkan perangkat serupa, antara lain Google, Motorola, OnePlus, Asus, LG, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Jaringan 5G akan hadir di Amerika Utara, Eropa, Australia, dan Asia. Khusus di Asia, sejumlah operator seluler akan dimulai di tiga negara, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan. Negara tersebut telah menyiapkan penggunaan 5G setidaknya mulai akhir 2019.