Artikel Berita

Keunggulan Apple Watch 5 Dari Pendahulunya

Keunggulan Apple Watch 5 Dari Pendahulunya

Apple Watch 5 sebagai wearable a device terbaru iPhone dirilis bersamaan dengan iPhone 11. Jam tangan canggih dirilis untuk menggantikan pendahulunya yaitu Apple Watch 4. Dalam pengembangannya, Apple Watch seri yang lima ini memiliki fitur-fitur yang lebih unggul dibanding pendahulunya dari keempat seri sebelumnya.

Bagi penggemar produk Apple pasti Bahagia dengan kehadiran Apple Watch seri baru ini. Pada seri kedua, Apple Watch memang telah ditingkatkan performanya dibanding seri pertama yaitu seri 1 dan 2. Hadir dengan sentuhan yang lebih canggih dan apik, Apple Watch 5 memiliki keunggulan dibanding para pendahulunya, simak berikut ini.

1. Model dan Material Baru

Pada seri pertama Apple Watch 1 dan 2 material yang adalah material stainless steel, emas dan aluminium. Pilihan ukuran yang bisa dipilih juga hanya dua yaitu ukuran 38 mm dan 42 mm. Perubahan material kembali dilakukan pada Apple Watch 3 yang menggunakan material keramik dan berlanjut ke Apple Watch 4.

Penggunaan material keramik dihentikan hanya sampai di series 4 dan kembali berganti di series selanjutnya. Pada Apple seri ini, material yang digunakan adalah material keramik dan titanium yang lebih baik. Jika hingga series ke 3 hanya memiliki 2 ukuran, series 5 memiliki banyak ukuran dengan penambahan ukuran 40 mm dan 44 mm.

Series 5 memiliki model yang beragam pula dengan case yang bervariasi. Berkolaborasi dengan Nikel untuk case alumunium untuk menambah kesan trendi. Tidak hanya Nike+, series 5 juga menggandeng Hermes untuk model stainless steel dengan 2 warna berbeda. Jadi pengguna bisa menggunakan material mewah dengan paduan warna yang menambah kesan elegan.

2. Desain dan Layar Baru

Apple Watch 5 memiliki LTPS OLED pada layarnya yang dijamin membuat layar lebih cerah dan jernih dibanding series sebelumnya. Jika tombol fisik di series 3 disebut Digital Crown di series dengan penempatan tombol yang berada di sebelah kanan. Sedangkan untuk tombol microphone berada di sebelah kiri dengan warna yang berbeda.

Rasio layar pada series Apple Watch ke-5 lebih besar dan lebar dibanding para pendahulunya. Di series ke-5 ini juga memiliki sensor optik yang akan membantu penggunanya mendeteksi detak jantung. Sensor ini berada di bawah yang langsung bersentuhan langsung dengan kulit yang berguna saat ingin menghitung detak jantung saat olahraga.

3. Fitur Always-On Display

Satu keunggulan yang patut dibanggakan dari Apple Watch 5 adalah fitur Always-On Display yang dimilikinya. Fitur ini juga biasa disebut dengan Always-On Retina dengan sentuhan teknologi yang semakin canggih. Tidak perlu menggulung lengan baju, pengguna bisa melihat waktu yang ditunjukkan oleh jam karena itulah fungsi dari fitur Always-On Display.

Fitur ini tentu saja sangat membantu pengguna dalam mengetahui waktu tanpa perlu repot mengangkat lengan baju terlebih dahulu. Jika sebelumnya pengguna perlu menggulung lengan baju dan mengangkat jam di depan mata maka itu tidak lagi diperlukan dengan seri ini.  Jika menggunakan Apple Watch series  5 ini pengguna akan lebih nyaman saat beraktivitas.

4. Spesifikasi Lebih Modern Dengan Fitur Kompas yang Terintegrasi

Mulai dari series ke-3, chip prosesor yang digunakan untuk Apple Watch berbeda satu sama lain. Prosesor yang digunakan memiliki 2 jenis yaitu prosesor dual core atau W2 dan W3. W3 memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari W2 dalam hal kecepatan. Jika seri sebelumnya lambat dalam mengakses maka tidak dengan W3.

Selain itu keunggulan yang dimiliki Apple Watch 5 adalah fitur kompasnya yang sudah terintegrasi. Kompas tentu memiliki fungsi yang luar biasa jika disatukan dengan jam sebagai penunjuk waktu. Fitur ini telah disambung dengan aplikasi yang ada di Apple Watch, jadi tidak usah khawatir dengan aktivitas outdoor seperti mendaki gunung.

5. Software Baru

Pada Apple Watch 5, selain fisiknya yang diperbaharui sistem operasinya juga diperbaharui. Hal ini sekaligus ajang perkenalan bagi Apple terhadap sistem operasinya. WatchOS 6 adalah sistem operasi yang digunakan untuk Apple Watch seri ke-5 ini. Selain itu di series baru ini khususnya series 4 dan 5, Apple menambahkan fitur lain.

Fitur tersebut adalah Elektrokardiogram atau EKG yang akan membantu pengguna dalam mendeteksi detak jantungnya. Sensor elektrik ini terdapat di bagian bawah jam yang akan mengukur ritme jantung penggunanya. Series ini juga dilengkapi fitur barometric altimeter dan GPS.  Secara keseluruhan series ke-5 ini dikembangkan dengan cukup signifikan dari sebelumnya untuk memanjakan penggunanya.

 

6. Layar Lebih Lebar

Mungkin beberapa orang menganggap bahwa ukuran layar dari sebuah jam itu sangat penting untuk melihat waktu. Namun ada juga yang mempertimbangkan tampilan dengan layar jam yang lebih lebar. Layar yang diterapkan di Apple Watch 5 memiliki ukuran yang lebih lebar dibanding pendahulunya yang tentu akan membuat pengguna lebih nyaman.

Meskipun ukuran layar yang lebih lebar dibanding layar pada series sebelumnya, layar besar pada series ke-5 ini tidak akan mengganggu. Pengguna akan tetap nyaman menggunakannya dengan bantuan material yang lebih bagus dibandingkan seri sebelumnya. Tampilan sudut yang bulat membuat tampilan layar seri ini semakin bagus. Layar lebar membuat gambar semakin jelas.

7.  Casing dan warna yang Lebih Bervariasi

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Apple Watch seri ke 5 adalah variasi casing yang lebih banyak. Pada seri sebelumnya casing jam hanya memiliki 2 hingga tiga varian saja dan warna terbatas. Pada series ke-5 akan ada banyak varian warna material case yang bisa dipilih sesuka hati sesuai keinginan.

Jika seri sebelumnya hanya memiliki 2 warna saja yaitu Space Grey dan Silver. Pada Apple Watch series ke-5 warna ditambahkan lagi dengan total warna yaitu 6 warna. Mulai dari Space Grey, Silver, Titanium, Stainless Steel, Ceramic, hingga Gold yang menawan.

8. Ruang Penyimpanan Lebih Besar

Keunggulan lain dari series terbaru Apple Watch adalah menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan series pendahulunya. Kapasitas yang besar tentu saja sangat diperlukan dan berguna bagi para pengguna dengan aktivitas yang cukup sibuk. Bagi yang ingin simple dengan barang paket komplit dengan fungsi sama seperti Hp bisa menggunakan jam ini.

Kelebihan lain yang dimiliki Apple Watch seri ke-5 adalah memiliki App Store sendiri. Jadi pengguna bisa bebas mengunduh aplikasi dibandingkan pada seri sebelumnya. Pada Apple Watch 3, kapasitas penyimpanannya hanya sebesar 8GB dan 16GB untuk versi LTEnya. Dasi keseluruhan daya tampungnya, hanya 5 GB yang bisa terpakai.

Di series ke-3 hanya 3 aplikasi dengan ukuran standar yang bisa diunduh serta lagu-lagu. Untuk yang butuh penyimpanan besar bisa memilih Apple Watch 5. Dengan penyimpanan mencapai 32 GB, pengguna bisa leluasa menyimpan aplikasi, lagu dan podcast untuk keperluan sehari-hari.

Nah itulah pembahasan mengenai keunggulan – keunggulan Apple Watch 5 dibanding seri-seri sebelumnya. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini pembaca bisa mengetahui kelebihan dari Apple Watch series ke-5 ini. Pengguna bisa merasakan pengalaman terbaik dengan jam tangan canggih ini.