Artikel Tips dan Trik

Apa Penyebab WiFi Menjadi Lemot? Berikut ini Cara Mengatasinya!

Apa Penyebab WiFi Menjadi Lemot? Berikut ini Cara Mengatasinya!

Apakah kamu mempunyai Router WiFi sendiri di rumah?

Dengan memiliki Router WiFi sendiri dirumah, kamu pastinya akan semakin mudah berselancar di internet hanya dengan menggunakan Tablet atau Smartphone. Pastinya enak ya, hehe.

Tapi, walaupun kamu dimudahkan, gak jarang juga pastinya kita merasakan tiba-tiba koneksi WiFi menjadi lemot padahal saat dicek routernya, sinyalnya penuh. Pastinya kamu bingung + frustasi.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips: Bagaimana cara mengatasi koneksi WiFi yang lemot. Bagaimanakah caranya? Simak dibawah ini!

Koneksi yang buruk bisa disebabkan oleh beberapa permasalahan, seperti: konfigurasi router, gangguan nirkabel, atau masalah teknis lainnya.

Sebelum kamu mengikuti beberapa cara mengatasi WiFi lemot, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui beberapa penyebab WiFi lemot di Smartphone maupun PC/Laptop. Kamu bisa menyesuaikan solusinya dengan penyebab yang kira-kira kamu alami saat ini.

Langsung saja, simak dibawah ini!

1. Koneksi Internet Bermasalah

Penyebab WiFi menjadi lemot yang pertama adalah koneksi internet yang sedang bermasalah. Coba, Sambungkan kabel Ethernet dari PC/laptop ke router.

Untuk mengecek kecepatannya, kamu bisa langsung mengunjungi situs Fast.com. Kalau kamu merasa tidak beres, berarti ada yang sedang bermasalah dari koneksi internet WiFimu.

Setalah mengeceknya, jika kamu merasa tidak ada permasalahan apa-apa dari hardware routernya, berarti masalahnya bisa datang dari provider internetnya. Kamu bisa minta operator untuk mereset router dan koneksinya.

Jika kamu menggunakan layanan IndiHome, maka kamu bisa hubungi langsung call center IndiHome. Begitupun dengan pengguna dari First Media dan internet service provider lainnya, tinggal hubungi call centernya saja dan mintalah operatornya untuk mereset koneksi WiFi kamu.

2. Kabel LAN Putus

Penyebab WiFi lemot yang selanjutnya adalah dari hardwarenya, tepatnya kabel LAN yang tersambung dari PC/Laptop ke router. Bisa jadi, kamu salah menyambungkan kabelnya atau bahkan kabelnya yang putus.

Ada banyak alasan kenapa kabel LAN bisa putus. Mulai dari kualitas kabel yang buruk, usia kabel yang sudah tua, atau bisa juga karena digigit tikus.Kalau kamu bisa memasang dan mengubah kabel sendiri, kamu bisa membeli kabel LAN baru sebagai pengganti di aplikasi eCommerce. Harganya pun cukup murah, kok, geng.

Lain halnya jika kamu nggak mengerti cara mengecek dan mengganti kabel LAN. Kamu bisa menelepon pihak provider internet kamu untuk mengirim teknisi ke rumah kamu.

3. Peletakkan Router

Seperti yang kita ketahui bahwa, router yang kamu gunakan itu berfungsi sebagai pemancarsinyal WiFi ke seluruh ruangan. Lokasi peletakan juga dapat mempengaruhi kecepatan internet.

Terdapat beberapa lokasi peletakan router yang tidak disarankan, antara lain ialah di dekat jendela, di ruangan tertutup, dan di dekat barang-barang elektronik lainnya.

Ketika router kamu diletakkan di dekat jendela, maka sinyal WiFi kamu akan terbagi hingga ke luar rumah, sehingga menjadi tidak maksimal. Ruangan tertutup pun tidak direkomendasikan juga, karena sinyal akan terhalang tembok.

4. Mendownload File Besar

Penyebab WiFi lemot ketiga adalah karena sedang mendownload file dengan ukuran besar. Entah kamu gak sadar ada orang lain yang tersambung dengan WiFi kamu sedang mendownload file yang besar.

Ketika sedang download, WiFi akan memfokuskan bandwidth untuk mempercepat proses downloadnya. Apalagi jika sedang mendowload game dengan ukuran besar yang bahkan ukurannya mencapai bergiga-gigabytes.

5. Terlalu Banyak Pengguna

WiFi bisa saja digunakan oleh siapa saja yang berada dalam jangkauan router dan memiliki aksesnya. Makin banyak pengguna yang tersambung ke WiFi, maka tentu saja akan berpengaruh dengan kecepatan WiFi kamu.

Oleh karena itu, kamu disarankan memasang/mengganti password WiFi melalui router kamu untuk membatasi akses pengguna lain yang tidak kamu inginkan.

Selain berfungsi untuk membatasi pengguna, password juga berfungsi untuk melindungi informasi pribadimu. WiFi yang diretas juga bisa berakibat fatal, karena bisa saja orang yang tidak bertanggunjawab mengakses data-data pribadi kamu. Bayangkan, bagaimanakah jika itu terjadi? Jangan sampai ya guys!

Ok! Lanjut berikutnya!

6. FUP (Fair Usage Policy)

Salah satu penyebab WiFi yang lemot paling umum yang jarang disadari oleh banyak orang ialah FUP atau Fair Usage Policy.

Apa itu FUP? FUP merupakan sebuah kebijakan yang mengatur penggunaan internet dengan tidak wajar/lazim. Maka speed internet kamu akan dikurangi apabila penggunaan internet kamu telah melebihi batas dari FUP.

Banyak juga yang sudah tertipu dengan paket internet Unlimited, baik pada internet rumahan maupun pada HP. Banyak ISP yang diam-diam telah menerapkan sistem FUP pada paket unlimitednya. Jangan sampai tertipu lagi ya guys!

7. Ganti ISP (Internet Service Provider)

WiFi yang lemot tentunya akan membuat kita menjadi sangat emosi, apalagi jika kamu sedang ada kepentingan yang mendesak. Lebih kesalnya lagi jika lemotnya WiFi kamu nggak hanya sekali terjadi tetapi sudah terjadi berkali-kali.

Kalau sudah kesal dengan kelemotan ISP atau Internet Service Provider yang sedang kamu gunakan, solusi terakhirnya ya adalah dengan mengganti ISP.

Saat ini, beberapa perusahaan ISP saling perang tarif demi mendapatkan pelanggan terbanyak. Banyak juga promo pemasangan internet yang bisa kamu cari tau di internet.