Artikel Tips dan Trik Berita

3 Cara Mengembangkan Startup

3 Cara Mengembangkan Startup

3 Tips Mengembangkan Startup

Baca Dahulu: Cara Membangun Startup dan Tips untuk Mengembangkan Startup

Di tahun-tahun awal, pendiri startup seperti Anda harus berurusan dengan banyak hal. Ketika bisnis mulai berkembang, daftar to-do-list yang perlu dikerjakan bisa jadi beranak pinak. Terkadang dalam fase ini, Anda bisa terjebak di aktivitas remeh non teknis. Kemungkinan besar juga, Anda bisa kehilangan gambaran dan visi besar dari bisnis Anda.

Sebagai pendiri startup, tujuan utama Anda adalah soal kemajuan startup itu sendiri. Setiap keputusan bisnis yang Anda buat, harus sesuai dengan tujuan besar startup Anda. Ketika Anda fokus pada kemajuan startup, maka Anda akan menuju ke arah yang benar.

Untuk mempermudah usaha Anda mengembangkan startup secara stabil dan kontinyu, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. 

1. Jalin hubungan baik dengan pelanggan hingga orang-orang tertarik mempromosikan brand Anda (brand advocates)

Ketika Anda baru mulai membangun bisnis, marketing bisa jadi teman sekaligus lawan. Mengalokasikan rupiah dalam jumlah besar bisa menguras anggaran Anda.

Namun, dengan membagikan beberapa konten spesifik untuk segmen pelanggan tertentu (targeted content) dan memastikan semua elemen penting dalam bisnis membantu keseluruhan branding, pesan marketing Anda bisa tersampaikan tanpa kantong dibuat bolong.

Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu Anda pastikan berjalan dengan benar di awal memulai bisnis. Beberapa faktor itu adalah nama domain, website, dan rencana content marketing. Mari kita bahas semua faktor ini satu per satu.

Nama domain: domain adalah wajah dari bisnis Anda. Domain adalah kesempatan bagus untuk membuat impresi pertama yang positif bagi pelanggan potensial. Sebuah nama domain yang bagus mampu memperkuat branding dan menyatakan visi bisnis Anda secara jelas sejak dari kali pertama. Beberapa ekstensi domain yang cocok seperti .TECH, .STORE, .ONLINE, .SITE, .SPACE, .FUN, .PRESS, .WEBSITE, dan lainnya akan membantu Anda memiliki nama domain yang pendek, simpel, penuh makna, dan mudah diingat. Contoh nama domain seperti www.projectwork.space, sebuah nama domain yang tersedia dan keempat kategori nama domain bagus. 

Website: Website adalah etalase dari bisnis online. Maka dari itu, website haruslah komprehensif dan menyajikan informasi lengkap dan mudah diakses untuk pelanggan. Informasi seputar cerita di balik bisnis, informasi soal produk dan layanan, informasi kontak, hal-hal semacam inilah yang perlu ditampilkan dengan jelas. 

Content marketing: Inilah yang akan jadi fondasi upaya marketing Anda. Anda perlu konten yang bermanfaat untuk dapat menarik calon pelanggan dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap. Ketika Anda bisa menyuguhkan kelebihan brand, calon pelanggan akan melihat Anda sebagai orang yang siap membantu mereka.  Kemudian, mereka akan teryakinkan untuk menggunakan brand apa yang Anda tawarkan. Mulailah strategi content marketing dengan rencana sederhana dan bangunlah perlahan seiring berjalannya waktu. 

2. Tingkatkan produk atau layanan terbaik yang Anda punya

Meningkatkan performa adalah cara sebuah startup berkembang. Sebuah bisnis yang mampu berkembang dapat dengan mudah beradaptasi pada kapasitas kerja yang lebih besar. Ini semua bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas, performa, ataupun pendapatan.

Untuk mengembangkan bisnis, pastikan dulu Anda memiliki sumber daya yang dibutuhkan. Bila perlu, mintalah tambahan sokongan dana (round of funding). Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa taktik yang bisa dipakai untuk memperbesar bisnis Anda:

Otomatisasi semua hal yang bisa diotomatisasi. Hal ini termasuk cloud storage, optimasi marketing, training untuk karyawan (talent) baru, pembayaran gaji, pembayaran tagihan bulanan, dan semacamnya. Anda perlu melakukan ini agar dapat memaksimalkan output dan potensi talents Anda.

Fokus pada marketing. Ketika awal memulai, pakai anggaran dalam jumlah kecil untuk mengetes semua channel marketing. Ketika Anda telah berhasil menemukan channel dengan return on investment (ROI) terbesar dan potensi untuk dikembangkan, investasikan semua upaya marketing Anda pada channel tersebut.

Outsourcing segala pekerjaan yang tidak esensial. Kebanyakan startup tak memiliki kemewahan untuk mempekerjakan penulis penuh waktu, desainer grafis, atau editor video. Gunakan platform seperti Fiverr untuk mencari talent yang bisa bergabung ke proyek Anda secara outsourcing.

Bangun tim yang kuat dengan orang-orang yang tepat. Pekerjakan orang dengan banyak ide agar dapat membantu bisnis Anda berkembang. Bekerja pada sebuah startup menuntut Anda untuk mengerjakan dan menguasai beberapa hal sekaligus. Begitu pun dengan talents yang Anda miliki. Mereka harus memiliki berbagai macam skill ataupun kemampuan yang bisa membuat mereka bekerja lintas divisi.

Pastikan pelanggan Anda selalu puas. Jangan lupa untuk perhatikan apa yang mereka katakan tentang brand Anda di dunia online. Selain soal peningkatan performa, mengembangkan bisnis juga berarti bertahan dari berbagai macam tantangan. Jika Anda terkendala atau mengalami bencana public relations, Anda akan menghambat kemampuan bisnis Anda untuk bertahan dan berkembang.

3. Berjejaring atau networking dapat membantu bisnis Anda secara signifikan

Berjejaring dan menjaga hubungan personal dapat membantu Anda meraih lebih banyak klien, mendapatkan pengetahuan, dan mencapai target bisnis yang ikut meningkatkan keuntungan. Anda perlu “pergi ke luar sana” untuk berkomunikasi dan bertemu dengan orang demi mengembangkan dan menjaga hubungan bisnis. Datangilah konferensi, agenda makan siang bisnis, dan acara networking lainnya. Itu semua dapat membantu membangun profil personal Anda dan menjadikan Anda tetap relevan di pikiran orang yang tepat. 

Berikut beberapa cara networking yang dapat membantu bisnis Anda:

Berjejaring dengan orang-orang yang berbeda akan memperkenalkan Anda ke kesempatan baru. Kesempatan itu bisa berarti calon klien potensial, membentuk usaha bersama (joint venture), menjalin kemitraan (partnership), menjadi pembicara di sebuah acara (speaking opportunities), dan lainnya. Anda perlu mengembangkan dan memilih kesempatan terbaik sesuai peluang bisnis Anda.

Dalam dunia bisnis, hal yang terpenting adalah siapa yang Anda tahu dibandingkan apa yang Anda tahu. Dengan begitu, networking akan menyediakan platform bagi Anda untuk terhubung dengan banyak orang-orang berpengaruh. Memiliki koneksi yang baik dan bisa diandalkan bisa membantu Anda, dalam waktu-waktu krusial, mengembangkan bisnis hingga berjaya.

Jejaring Anda bisa jadi sumber ampuh untuk perspektif dan ide baru. Dengan mendiskusikan tantangan yang dihadapi, Anda bisa menciptakan solusi dari insight yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Sebaliknya, berbagi nasihat yang membantu dan praktikal dapat membangun reputasi Anda sebagai pemikir yang inovatif.

Kesimpulan

Mengembangkan bisnis adalah soal mindset. Anda perlu memiliki gambaran besar untuk menjadikan bisnis besar. Pun begitu, Anda juga perlu bekerja lebih keras dan cerdas, membangun mimpi, memaksimalkan keuntungan, sekaligus melakukan itu semua dengan hati senang. Seketika Anda menguasai alur berpikir di balik bisnis, mengembangkan startup akan jadi hal yang jauh lebih mudah untuk dilakukan