Artikel Internet Berita

Vietnam Diprediksi Lebih Awal Migrasi Ke 5G

Vietnam Diprediksi Lebih Awal Migrasi Ke 5G

Jakarta, Selular.ID – Fitch Solutions memprediksikan operator di Vietnam akan dengan cepat pindah atau migrasi ke 5G, karena pemerintah telah memprioritaskan teknologi dan bangsa ini memamerkan kemampuan manufaktur handset yang menawarkan keuntungan di sekitar biaya perangkat.

Dalam sebuah laporan, perusahaan konsultan asal Inggris itu, menyatakan layanan komersial 5G dapat diperkenalkan pada pertengahan tahun ini di Vietnam, setelah uji coba yang dimulai pada Mei 2019.

Perusahaan mengharapkan pemerintah untuk meningkatkan dukungan untuk teknologi dengan membuat test bed atau melalui hibah perusahaan.

Fitch Solutions mencatat potensi penundaan peluncuran karena Covid-19 (corona virus), karena operator mengurangi investasi 5G untuk fokus pada peningkatan kapasitas jaringan 4G mereka, tetapi menambahkan pemerintah dapat menekan perusahaan-perusahaan milik negara untuk mempercepat penyebaran teknologi generasi berikutnya.

Untuk mengatasi meningkatnya penggunaan selama lockdown, operator telekomunikasi di negeri itu (Viettel, Vinaphone dan Mobifone) memperkenalkan alokasi data selular yang lebih besar.

Saat ini pemerintah Vietnam belum menetapkan spektrum atau lisensi 5G. Meski demikian, Fitch Solutions meyarankan otoritas dapat mengubah dengan lisensi percobaan.

Viettel, yang menerima lisensi percobaan pada Januari 2019, menunjukkan koneksi 5G pertama di Vietnam pada Mei 2019.

Pada bulan Maret, Mobifone mengatakan mereka menyelesaikan tes pada jaringan percontohan 5G di empat kota dan siap untuk meluncurkan layanan komersial.

Pemimpin pasar Viettel, yang mengklaim akan mengembangkan gigi 5G sendiri, bermitra dengan Ericsson dan Nokia, Mobifone bekerja sama dengan Samsung dan Vinaphone menggunakan teknologi 5G yang dikembangkan Nokia.

Di sisi lain, konglomerat Vingroup menandatangani kesepakatan dengan Fujitsu dan Qualcomm pada Juni 2019 untuk memproduksi 5G smartphone di negara ini. Kelompok ini mulai membuat handset 4G pada Desember 2018, setelah mengakuisisi saham mayoritas di BQ pembuat perangkat berbasis di Spanyol.

Fitch Solutions percaya bahwa dampak penyebaran 5G di Vietnam akan menjadi yang terbesar di segmen perusahaan, terutama di sektor manufaktur, dengan inisiatif pemerintah yang mendukung penyerapan industri.