Artikel Tips dan Trik Berita

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Terbaru April 2020

Parakerja
Cara Mendaftar Kartu Prakerja Terbaru April 2020

Sekilas tentang prakerja. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya
yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua resmi dibuka hari ini, Selasa (21/4/2020). Sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II dijadwalkan Senin (20/4/2020) kemarin.

Mundurnya pendaftaran tersebut menurut Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky karena pihaknya masih dalam proses verifikasi data penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang pertama.

"Gelombang kedua jadinya besok (hari ini-red), karena kami masih dalam proses mengolah data untuk gelombang pertama," ujar Panji dalam video conference, Senin.

Apa Keuntungan Kartu Pra Kerja?

Penerima kartu prakerja adalah orang-orang yang sedang dalam pengangguran atau sedang tidak bekerja. Namun, dikarenakan masalah pandemi korona, pemerintah mengubah ketentuan itu menjadi bantuan pemerintah kepada masyarakat dalam menghadapi dampak korona. Bantuan pemerintah dibentuk dalam nominal yang masing-masing sebesar:

  • Rp 1 juta untuk insentif pelatihan
  • Rp 2,4 juta berupa insentif seusai pelatihan di berikan selama 4 bulan masing sebulan Rp 600.000
  • insentif paska survei yang sebesar Rp 150.000

Lalu bagaimana cara mendaftar kartu prakerja? Sebenarnya ini pertanyaan kelewat mudah. Pemerintah sudah menyiapkan situs untuk pendaftaran kartu prakerja. Alasan nya supaya masyarakat tidak perlu datang atau berkumpul dimana pun untuk mendaftar. Cukup dari rumah masing-masing menggunakan internet dan tentunya Smartphone atau Laptop kesayang kalian.

Apa saja syarat-syarat nya?

Untuk mendaftar kan diri ke situ prakerja, kamu cukup menyediakan

  • Foto KTP secara jelas tampak bagian depan (tampak wajah anda)
  • Foto kamu selfie dengan memegang KTP asli (gambar harus jelas)
  • Alamat email kamu yang masih aktif (artinya masih bisa mengirim dan menerima email, dan kamu masih ingat password nya)
  • Nomor Hp pribadi (Wajib)

Itu saja syarat yang kamu butuh kan saat ingin mendaftar kartu prakerja. simpel kan. Apalagi situs yang prakerja yang di buat nampak sangat mudah digunakan alias user friendly. Baik remaja sampai orang tua pun pasti mudah memahami isi situs nya.

Tapi pada kenyataannya masih banyak orang yang merasa kesulitan cara mendaftar nya. Maka dari itu silahkan simak cara mendaftar kartu prakerja di bawah ini ya.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

  1. Bukan link situs prakerja di https://www.prakerja.go.id  menggunakan hp atau laptop kamu. Wajib menggunakan jaringan internet ya.

Klik tombol Daftar Sekarang. Lalu akan muncul Form dibawah ini. Isikan email dengan email kamu yang aktif, kemudian isi kan password kamu untuk login nanti. Lalu ketik ulang password yang sudah kamu isi di kolom password untuk memastikan password kamu sudah sama.

Jangan lupa centang tulisan Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku ya

2. Verifikasi Email

Jika sudah berhasil mendaftar, maka akan muncul informasi seperti gambar di bawah ini. Disini kamu buka email yang digunakan di pendaftaran dan cari email dari Prakerja.go.id. Di dalam nya ada link untuk verifikasi email kami. Tidak sedikit yang bertanya. Apa gunanya di verifikasi begini?

Sebenar nya ini merupakan alur untuk memastikan bahwa kamu benar-benar pemiliki email tersebut. Jadi prakerja akan mengirimkan email ke kamu apakah kamu benar-benar bisa membuka nya atau tidak.

Berikut contoh email masuk di email kamu

Berikut contoh isi email verifikasi link nya. Disitu ada tombol berwarna biru "Verifikasi Email Sekarang". Klik yang itu ya.

Jika kamu berhasil menemukan link nya di email kamu, dan kamu sudah mengklik link verikasi nya. Maka kamu akan melihat tampilan sukses mendaftar seperti dibawah ini. Lalu kamu klik tombol silahkan login!

 

3. Login Prakerja

Masukkan email dan password yang kamu isi di pendaftaran diawal. Kemudian klik tombol login.

Setelah berhasil login. Kamu diminta memasukkan 16 angka nomor KTP kamu. Cara liatnya dimana? liart di KTP kamu dong ya! Lalu masukkan tanggal lahir sesuai KTP kamu ya. Ingat! wajib sesuai KTP kamu.

Karena proses ini akan mengecek ke data induk kamu di sistem pemerintahan. Kalau nomor KTP sama tanggal lahir kamu tidak sesuai. Pasti eror deh! kamu tidak dianggap rakyat 62. Jadi wajib sesuai ya. Setelah itu klik tombol lanjutkan dibawahnya.

Jika sudah berhasil melewati tahap 1 diatas, lanjut mengisi data biodata kamu. Disini kamu wajib sudah menyediakan foto KTP dan foto kamu berselfie sambil megang KTP ya. Lalu isi data sebenar-benarnya.

Kamu wajib mengisi semua kolom ya. Untuk file KTP kamu bisa meletak kan nya ke folder tertentu dahulua. jadi pas dicari dari tombol Pilih File KTP dan Pilih File Selfie kamu sudah tidak pusing lagi.

Terakhir kamu wajib centang tulisan "Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya". lalu tekan tombol Lanjutkan ya.

Terkahir, di form seperti dibawah ini masukkan nomor hp kamu yang kamu pakai. Ini proses verifikasi nomor hp. Sistem akan mengirimkan SMS berisi Kode lalu kamu inputkan kembali.

Jika kamu sudah mengisi nomor hp lalu tekan tombol Kirim. Maka akan muncul form seperti dbawah ini.

Segera cek hp kamu lalu periksa SMS masuk dari prakerja. Masukkan kode yang tertera dalam SMS ke form diatas. Jika dalam 3 menit kamu belum juga menerima kode maka kamu bisa mengajukan kode baru lagi. Jika sudah menemukan kode dan mengisinya, lalu kamu tekan tombol Verifikasi.

Jika nomor hp sudah berhasil di verifikasi, maka kamu akan disuguhkan form-form berisi pertanyaan dasar sesuai keadaan kamu, seperti salah satu contoh pertanyaan dibawah ini. Selesaikan pertanyaan-pertanyaan pribadi ini ya.

Setelah menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan pribadi seperti diatas, kamu akan mendapatakn tampilan seperti dibawah ini. Ini artinya kamu sudah selesai mendaftar. Tekan tombol "OKE"

Selanjutnya. kamu akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar seperti dibawah ini. Sebaiknya kamu baca petunjuk-petunjuk yang ada ya. Jika sudah , Maka tekan tombol "Mulai Tes Sekarang".

 

Selesaikan tes dalamm waktu yang sudah di tentukan ya. Berikut salah satu contoh pertanyaan yg ada.

Jika semua selesai maka akan muncul notif berikut seperti dibawah ini

kemudian klik tombol Cek Dashboard. Di dashboard kamu akan menemukan daftar Gelombang untuk bergabung. Sampai artikel ini di publish, gelombang yang bisa di ikuti adalah Gelombang II. Seperti dibawah ini.

 

Nah, ini adalah tahap terakhir, silahkan kamu tekan gabung untuk kamu bergabung di gelombong seleksi itu.Setelah ini kamu tiggal perlu menunggu email dari prakerja berisi informasi kami lulus atau tidak.

Biasanya hanya peserta yang lulus yang akan menerima email pemberitahuan. Tapi jangan khawatir jika kamu belum lulus gelombang kedua. Mudah-mudahan masih ada beberapa gelombang mendatang menanti mu..

Terima kasih..