Internet Tips dan Trik

Menghemat Paket Data Internet Saat Nonton YouTube

Menghemat Paket Data Internet Saat Nonton YouTube

Menghemat Paket Data Saat Nonton YouTube - Saat ini sedang populernya Physical Distancing yang memungkinkan orang-orang untuk lebih memilih untuk berada di rumah. Hal ini dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona atau biasanya disebut Covid-19.

Dengan banyaknya orang-orang yang berada di rumah maka penggunaan internet pun semakin dibutuhkan. Semakin dibutuhkannya internet saat pandemi ini membuat sebagian orang banyak mencari informasi, nonton video, bersosial media dan lain sebagainya untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah. Sehingga, penggunaan data akan meningkat saat seharian kita berada di rumah, apalagi yang gemar mengakses video YouTube.

Baca Juga: 3 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Cegah Virus Corona (Covid-19) Melalui Ponsel

Begitu banyak sekali penggunaan internet apalagi dikalangan anak muda zaman sekarang ini. Bahkan penikmat video melalui YouTube pun semakin menjamur.

Menonton video termasuk menggunakan YouTube dapat meningkatkan penggunaan data, terlebih lagi bila Anda gemar mengakses video YouTube. Nah, untuk itu berikut ini beberapa tips untuk dapat menghemat penggunaan data saat Anda nonton video menggunakan YouTube pada perangkat Android.

Untuk dapat menghemat penggunaan data, Anda bisa membuka aplikasi YouTube, silahkan ketuk Foto Profile Anda pada bagian sudut kanan atas pada layar, lalu ketuk Settings/Setelan.


Setelah itu, pilih menu General/Umum dan aktifkan fitur Limit mobile data usage. Keterangan pada layar menunjukkan bahwa apabila Anda mengaktifkan fitur ini, maka Anda hanya dapat menyaksikan video dengan kualitas HD hanya dari koneksi WiFi.



Anda juga bisa menghemat penggunaan data dengan cara menurunkan resolusi video pada tingkat terendah. Dikarenakan kualitas video menjadi rendah membuat gambar agak pecah, namun penggunaan data dapat ditekan serta meminimalisir buffering atau video yang terputus-putus.

Baca Juga: Apa Itu VPN? dan Cara Kerja VPN

Selain cara di atas, aplikasi YouTube juga menyediakan fitur download. Fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan video pada perangkat smartphone, atau perangkat yang lainnya dan dapat diputar berulang-ulang tanpa harus terhubung dengan internet. Tentu, cara ini akan dapat menghemat penggunaan data.