Komputer Tips dan Trik

Cara Belajar Mengetik di Komputer 10 Jari

Cara Belajar Mengetik di Komputer 10 Jari

Cara Belajar Mengetik di Komputer 10 Jari - Teknologi komputer adalah teknologi yang akan terus berkembang seterusnya sehingga bagi orang yang memang bekerja dengan menggunakan komputer, mau tidak mau kita terus mengikuti perkembannya. Kali ini kita mencoba membahas mengenai hal yang dasar dari pembelajaran komputer, yaitu mengetik di komputer dengan 10 jari.

Bagi orang yang memang basicnya didunia komputer hal ini memang sudah biasa dilakukan, seperti orang-orang yang pendidikannya dari sekolah teknik atau yang berhubungungan dengan komputer ataupun orang yang berkuliah di jurusan yang berkaitan dengan komputer. Namun, orang yang memang bukanlah dasarnya tidak dari dunia komputer ini adalah hal yang tidak biasa.

Mengetik dengan 10 jari memang bukanlah suatu kewajiban. Namun, untuk mempermudah kita dalam pekerjaan dengan menggunakan komputer mengetik 10 jari dengan cepat adalah suatu keharusan karena akan mempersingkat waktu dan efektif dalam bekerja.

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Komputer Atau Laptop

Mungkin bagi kebanyakan orang merasa sudah terlambat dalam belajar mengetik 10 jari. Namun, jika dibiasakan maka lambat laun akan merasakan manfaatnya apabila dibiasakan. Intinya adalah tidak ada kata terlambat meskipun sudah tua harus tetap belajar.

Untuk mengetik dengan 10 jari disarankan tidak untuk dipaksakan namun harus dipahami dan harus membiasakan. Nah, untuk dapat mengetik dengan 10 jari, silahkan perhatikan beberapa cara berikut ini.

1. Perhatikan Posisi Jari

Cara mengetik pada keyboard komputer dengan benar adalah kita harus tahu cara memposisikan jari-jemari kita agar mudah menekan tuts atau tombol keyboard. Nah bagaimana cara memposisikan jari tangan kita pada keyboard komputer?, silahkan perhatikan gambar berikut

Gambar ini adalah posisi yang benar dalam meletakkan jari kita dalam mengetik dan ini juga merupakan posisi awal untuk meletakkan jari-jemari kita. Berikut penjelasannya.

  1. Jari tangan kiri diletakkan pada posisi menyentuh tombol A, S, D, F
  2. Jari tangan kanan diletakkan pada posisi menyentuh tombol J, K, L, ;
  3. Untuk ibu jari pada kedua tangan diletakkan pada tombol spasi

Posisi ini adalah posisi awal sebelum kita melakukan pengetikan, dan ingatlah selalu posisi ini dan anggap posisi ini adalah posisi jari kita harus kembali setelah mengetik beberapa kata.

Posisi ini merupakan posisi yang sangat mengutungkan dimana posisi ini dapat menjangkau tuts atau tombol keyboard komputer kita secara cepat dan tepat. Untuk memudahkan jari kita kembali lagi pada posisi awal cobalah kita raba dengan jari telunjuk pada tombol F dan J, ada terdapat tonjolan, tonjolan ini berguna untuk menandakan tombol telunjuk kembali pada posisi tombol F dan J. Tombol F untuk telunjuk tangan kiri dan J untuk telunjuk kanan.

3. Skema Pergerakan Jari

Berikut ini adalah mempelajari skema pergerakan jari dimana kita harus memetakan pergerakan jari kita pada tombol keyboard. Nah, sekarang kita harus memaksa jari kita melakukan pergerakan dengan mengetikan beberapa kata sesuai dengan wilayah tombol keyboard pada jari yang sudah ditentukan. Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Agar gampang dipahami untuk memetakan jari pada keyboard maka gambar di atas dapat dilihat beberapa warna yang berbeda pada keyboard. Warna keyboard tersebut menyesuaikan letak jari maka skema warna pada gambar di atas menyesuaikan warna pada jari. Sekarang kita dapat menentukan tombol-tombol yang harus diketik sesuai dengan warna pada pemetaan keyboard di atas.

Aturan ini sebenarnya bukanlah merupakan aturan yang baku yang wajib diikuti. Bahkan orang yang sudah profesional dalam mengetik pada komputer memiliki teknik tersendiri dalam mengetik 10 jari dengan cepat. Namun untuk diawal mempelajari cara pengetikan ini kita harus mengetahui teknik pengetikan 10 jari. Agar kita dapat menuntun jari kita terlatih dengan teknik ini.

Dalam pembelajaran awal ini silahkan cobalah mengetik beberapa kata sesuai dengan peta pengetikan keyboard di atas. Misalnya mengetikkan kata "DIGITAL", kita dapat mengetikkan tombol "D" dengan menggunakan jari tengah pada tangan kiri, kemudian tombol "I" pada jari tengah kanan, tombol "G" pada jari telunjuk kiri lalu kemudian tombol "I" pada jari tengah kanan dan begitu seterusnya hingga selesai dan sesuai dengan gambar di atas.

Hal ini tentu tidak mudah bagi seorang pemula dalam mengetik kata. Namun, jika kita membiasakan diri kita untuk mengetik dengan metode seperti ini maka hasilnya akan terasa jika kita sudah mulai terbiasa. Bahkan pada jari kita seolah-olah memiliki mata apabila mengetikkan beberapa kata dan tahu tombol mana yang harus kita ketik sesuai dengan wilayahnya.

3. Tidak Terburu-buru

Untuk mempelajari hal yang baru janganlah terburu-buru untuk ingin cepat bisa. Terburu-buru dalam mempelajari mengetik 10 jari ini akan membuat kita semakin lama untuk segera bisa. Dalam mempelajari mengetik dengan 10 jari ini nikmatilah prosesnya dan tahapan-tahapan yang harus dilalui hingga nanti kita mengetahui cara belajar mengetik di komputer dengan 10 jari hingga bisa.

Nah, untuk itu rutinkanlah mengetik dengan cara pelan-pelan dalam mempelajarinya. Luangkanlah waktu Anda untuk mepelajarinya dengan cara menulis sebuah artikel, blog dan lain sebagainya hingga nanti secara sadar atau tidak Anda sudah mahir dan cepat dalam mengetik 10 jari pada sebuah komputer.

4. Perhatikanlah Posisi Duduk Saat Mengetik

Memperhatikan posisi duduk saat berada di depan komputer adalah penting yang harus kita lakukan. Hal ini memang secara tidak langsung memberikan pengaruh kepada kita dalam belajar mengetik. Namun, hal ini akan memberi pengaruh pada mood kita dalam belajar, serta disamping itu juga mempengaruhi kesehatan tulang punggung dan kondisi fisik kita.

Untuk posisi duduk yang benar di depan komputer adalah dengan posisi tulang punggung yang lurus terdapat pada gambar sebelah kiri di atas. Berikut beberapa poin yang dapat kita terapkan dalam bekerja dan mengetik di depan komputer.

  1. Duduk dengan tegak dan tubuh usahakan selalu lurus.
  2. Usahakan jaga jarak kepala dan monitor dari 45cm hingga 70cm.
  3. Posisikan tangan serileks mungkin
  4. Pergelangan tangan usahakan menyentuh meja keyboard atau yang menggunakan laptop bisa meletakan dibawah keyboard.
  5. Usahakan jangan menggeser berat tubuh pada lengan Anda

Posisi duduk yang tidak benar saat bekerja di depan komputer akan membuat punggung terasa lebih cepat capek, kehilangan fokus dan mudah kehilangan mood dalam bekerja.

5. Gunakan Software Pendukung

Untuk mendukung pembelajaran, kita bisa menggunakan software atau aplikasi pendukung untuk belajar mengetik 10 jari ini. Aplikasi ini bisa berupa aplikasi untuk belajar ataupun aplikasi game yang dapat Anda download secara gratis.

Silahkan cari aplikasinya yang online maupun offline. kami menyarankan agar mendownload aplikasi yang berupa game agar Anda dituntut untuk menyelesaikan tantang yang terdapat pada game tersebut.

6. Beristirahatlah Ketika Lelah

Ada kalanya dalam belajar itu kita dapat lelah dalam belajar. Belajar tanpa beristirahat dapat membuat kita jenuh dan cepat bosan dengan apa yang sedang kita pelajari. Bahkan jari-jari dan pergelangan kita bisa mengalami cidera serius apabila kita memaksakan untuk terus belatih tanpa ada istirahat.

Baca juga: Blue Screen Pada PC Atau Laptop Anda? Berikut Cara Mengatasinya

Janganlah tergesa-gesa dalam mempelajari sesuatu dan beristirahatlah apabila sudah dalam keadaan lelah. Segarkan diri agar kita dapat memulainya kembali dalam keadaan segar kembali.

Inilah beberapa tips cara belajar mengetik di Komputer 10 Jari serta kiat-kiat dalam belajar. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan bermanfaat juga bagi yang sedang membutuhkan.