Smartphone Kamera Tips dan Trik

Cara Menjadi Photographer Yang Profesional Hanya Berbekal Kamera Smartphone

Cara Menjadi Photographer Yang Profesional Hanya Berbekal Kamera Smartphone

Cara Menjadi Photographer Yang Profesional Hanya Berbekal Kamera Smartphone - Beberapa tahun belakangan ini teknologi kamera smartphone semakin canggih dan sudah bisa menyamai teknologi kamera DSLR. Smartphone saat ini tidak lagi dilengkapi dengan satu atau dua lensa kamera saja. Bahkan lebih dari dua kamera sekaligus sehinga resolusi hasil dari jepretan kamera ponsel pun semakin memiliki resolusi yan tinggi. Dan hasilnya foto yang dihasilkan makin setara dengan kamera profesional.

Kamera ponsel sekarang memang punya banyak keunggulan lain yang tidak dimiliki kamera profesional. Selain mudah dan gampang dibawa kemana-mana, kamera ponsel juga memiliki fitur aplikasi yang dapat digunakan. Dengan tingginya tingkat mobilitas kamera smartphone yang dapat dibawa kemana pun kita suka, juga salah satu yang menjadi keungulan sehingga apabila ada momen yang secara sepontan ataupun yang tidak terduga sekalipun, kita dapat menangkap gambar menggunakan kamera smartphone ini. Bahkan momen tertentu juga banyak didapatkan menggunakan kamera smartphone.

Baca juga: Kamera Periskop, Persaingan Teknologi Kamera Baru Pada Smartphone

Saat ini bahkan sudah ada kompetisi fotografi yang berbasis ponsel dan seorang fotografer juga bahkan bisa memiliki penghasilan dengan cara menjual hasil fotonya ke situs resmi seperti Shutterstock atau iStock. Dengan semakin canggihnya teknologi kamera pada smartphone ini, profesi fotografer smarphone pun semakin berpotensi menghasilakan uang banyak.

Bagaimana caranya menjadi profesional?

Menjadi seorang profesional dengan kamera ponsel butuh latihan terus-menerus dan selalu berani mencoba serta diiringi dengan kerja keras, sama seperti fotografer dengan kamera DSLR. Tujuannya, biar foto yang dihasilkan makin bagus dan mampu meningkatkan personal brand dari seorang fotografer ponsel.

Hasil foto yang bagus dan personal menjadi dua kunci untuk sukses sebagai seorang fotografer ponsel. Karena, bila dua kunci ini sudah oke, uang pun akan datang sendirinya. Lalu, bagaimana cara menjadi seorang mobile photographer profesional? walaupun tidak ada jalan pintas, menjadi yang profesional dengan kamera smartphone kesayangan Anda bisa dilakukan dengan menjalankan langkah-langkah berikut ini.

1. Pelajari teknik pengambilan gambar yang benar.

Selalu mencoba dan sering belajar untuk menyempurnakan karya dan skill. Ini dapat Anda mulai dengan belajar teknik-teknik memotret yang bagus dan selalu berimprovisasi. Misalnya, teknik memaksimalkan cahaya, komposisi, sudut pandang atau angle, serta mematangkan konsep dan ide.

Selain itu, pelajari pula aplikasi-aplikasi, fitur-fitur atau tools ataupun software yang tersedia pada ponsel Anda. Fitur-fitur tadi bisa memaksimalkan gambar yang dihasilkan. Ambil gambar sebanyak mungkin dan olah gambar tersebut dengan fitur yang terdapat pada onsel Anda.

2. Bergabunglah pada group ataupun komunitas

Seiring perkembangan mobile photography, komunitas maupun grup pegiat fotografi ponsel pun makin banyak. Silahkan bergabung dengan komunitas yang dapat membantu Anda untuk menimba ilmu. Komunitas juga membantu memperbanyak jejaring dan relasi. Siapa tahu, dari relasi ini, klien pertama bisa Anda dapat.

3. Ikuti lomba fotografi ponsel

Saat ini lomba fotografi ponsel makin banyak dan semakin menjamur. Lomba ini bisa diikuti untuk mengukur skill dan keahlian Anda serta seberapa bagus kualitas foto yang telah dihasilkan. Karena biasanya juri-juri lomba berasal dari fotografer yang sudah profesional serta banyak memiliki pengalaman dalam dunia fotografi.

Selalu ikut lomba-lomba fotografi ponsel, karena keberhasilan Anda dalam lomba ini juga turut menaikkan personal branding Anda sebagai seorang fotografer ponsel yang profesional.

4. Bikin portfolio pada sosial media.

Sama seperti pekerja kreatif lainnya, portofolio sangat penting untuk menunjang profesi fotografer ponsel. Karya-karya pada portofolio akan menarik calon klien. Semakin bagus karya foto di portofolio, semakin besar juga rasa ketertarikan calon klien, dan semakin besar pula kesempatan mendapatkan uang.

Portofolio juga bisa mendongkrak personal branding. Manfaatkanlah sosial media seperti Instagram sebagai ajang pamer portofolio Anda. Situs jejaring sosial berbagi foto ini sangat efektif untuk meningkatkan personal branding Anda. Jangan lupa, postingan dan feed di Instagram harus berkonsep.

5. Lengkapi peralatan tambahan

Keunggulan kamera smartphone terletak pada kepraktisannya. Namun, bukan berarti peralatan tambahan tidak dibutuhkan. Seperti fotografer yang menggunakan kamera DSLR, fotografer ponsel tetap membutuhkan peralatan tambahan untuk menunjang pekerjaan, seperti tripod, lighting tambahan, pembersih ponsel dan lensa, serta laptop. Peralatan tambahan ini bisa membantu menghasilkan foto istimewa.

6. Gunakan smartphone dengan kamera yang super canggih

Pemilihan smartphone sebagai peralatan utama akan menentukan seberapa istimewa foto yang dihasilkan seorang mobile photographer. Saat ini, memang sudah banyak merek terkenal yang membekali ponsel dengan berbagai spesifikasi kamera dan fitur fotografi. Meski begitu, tidak ada salahnya memilih smartphone dengan kamera dan fitur fotografi terbaik agar bisa menghasilkan foto yang lebih maksimal.

Ingat, smartphone yang dilengkapi kamera super canggih akan memudahkan kerja seorang fotografer ponsel. Namun untuk membeli sebuah ponsel yang mendukung untuk fotografi Anda harus melihat dan membandingkan harga ponsel antar beberapa merek ponsel.

Nah, apakah Anda berminat untuk menjadi fotografer ponsel atau mobile photographer. Semoga beberapa tips di atas dapat Anda manfaatkan agar menjadi fotografer ponsel yang handal.