Smartphone Berita

Covid-19 Membuat Apple Tunda Peluncuran iPhone 12 Dengan Teknologi 5G

Covid-19 Membuat Apple Tunda Peluncuran iPhone 12 Dengan Teknologi 5G

Covid-19 Membuat Apple Tunda Peluncuran iPhone 12 Dengan Teknologi 5G - Pandemi virus corona (Covid-19) tampaknya akan mempengaruhi peluncuran ponsel Apple dengan jaringan 5G yakni iPhone 12. Ditambah lagi Apple juga telah menutup pabriknya di China. iPhone 12 yang akan terhubung 5G awalnya diprediksi untuk dirilis pada September 2020, namun tampaknya akan tertunda dikarenakan Covid-19.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Nikkei Asian Review mengungkap raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino itu tidak yakin bahwa isolasi (lockdown) yang diterapkan beberapa negara dan kemerosotan ekonomi saat ini bukan saat yang tepat untuk meluncurkan smartphone mahal di pasaran. Tidak hanya sampai disitu kendala rantai pasokan juga dikabarkan menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Wabah Virus Corona Membuat Samsung dan LG Hentikan Pabrik di India

Apple juga khawatir bahwa situasi saat ini akan menurunkan selera konsumen untuk meningkatkan ponsel mereka. Sebelum pecahnya pandemi, analis telah berpandangan bahwa rilis iPhone 5G yang dijadwalkan September ini akan mendorong siklus peningkatan merek yang sehat, mengingat spekulasi bahwa peluncuran baru akan menjadikan ponsel gaming berbasis cloud sebagai penggerak pasar besar.

Apple sebelumnya juga mengakui bahwa penyebaran virus corona telah mempengaruhi permintaan konsumen dan rantai pasokan, sehingga mengakui kepada pemegang saham bahwa ekspektasi pendapatannya untuk saat ini tidak akan memenuhi harapan sebelumnya.

Tidak hanya Apple, virus corona juga telah mempengaruhi merek lain. Bahkan, pengapalan smartphone global dikabarkan turun hingga 35 persen dibandingkan tahun lalu pada Februari 2020.