Berita

Presiden AS Donald Trump Izinkan Huawei Kembali Berbisnis dengan Perusahaan AS

Presiden AS Donald Trump Izinkan Huawei Kembali Berbisnis dengan Perusahaan AS

Gempuran "blacklist" pemerintah Amerika Serikat (AS) kepada perusahaan Cina, termasuk Huawei, sepertinya bakal berakhir sebentar lagi.

Pasalnya, Presiden AS, Donald Trump menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan AS boleh kembali berbisnis dengan Huawei.

Baca juga: Google Akan Cabut Lisensi Android Pada Smartphone Huawei

"Perusahaan-perusahaan asal AS dapat menjual peralatan (komponen) mereka ke Huawei," kata Trump di momen pertemuan G-20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019) sore waktu setempat.

Ia menambahkan, produk yang dijual ke Huawei adalah produk yang tidak memiliki efek untuk menimbulkan isu-isu keamanan nasional. Ia kemudian berkata bahwa Huawei pun diizinkan untuk menjual produk-produknya di AS.

"Saya telah setuju untuk mengizinkan mereka (perusahaan AS) untuk menjual produknya (ke Huawei)," ujar Trump.

Kendati begitu, Huawei masih belum dihapus dari daftar "blacklist", atau daftar merek yang tidak boleh bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan AS.

Trump pun masih terus membicarakan nasib Huawei dengan Presiden China, Xi Jinping. Trump menjelaskan, keputusan untuk mencabut Huawei dari daftar entitas Kementerian Perdagangan AS bakal dibicarakan kemudian karena dia bakal merapatkannya Selasa (2/7/2019).

"Kami bakal membahas Huawei di akhir. Kami akan melihat apa yang akan terjadi dengan perjanjian perdagangan yang disepakati," terang presiden 73 tahun itu.

Secara tidak langsung, pernyataan Trump itu menunjukkan keputusan untuk mencabut larangan sepenuhnya terhadap Huawei bakal bergantung negosiasi mengakhiri perang dagang.