• Post
  • Apa Itu VPN? dan Cara Kerja VPN

Apa Itu VPN? dan Cara Kerja VPN

Apa Itu VPN? dan Cara Kerja VPN

Pro Digital kali ini akan membahas secara lengkap apa itu Virtual Private Network atau bisa disingkat dengan VPN. VPN adalah perluasan jaringan pribadi hingga ke jaringan publik, dan memberikan kemampuan bagi pengguna untuk mengirimkan dan menerima data sepanjang jaringan publik atau jaringan bersama seakan-akan komputer pengguna tersebut berhubungan dalam jaringan pribadi (Wikipedia). VPN saat sekarang ini sudah banyak digunakan orang dengan tujuan mendapatkan koneksi jaringan internet secara aman, pribadi, dan tentunya diakses secara remote.

Secara sederhananya, VPN mengkoneksikan perangkat kita seperti smartphone, laptop atau komputer PC ataupun tablet ke jaringan komputer lain atau VPN Server yang terkoneksi internet yang mengizinkan kita untuk berinternet menggunakan komputer VPN server terebut. VPN biasanya menggunakan Server dari berbagai negara, baik dari negara kita sendiri maupun di negara yang berbeda.

Saat berselancar dengan internet yang menggunakan VPN, koneksi jaringan internet yang digunakan adalah koneksi dimana kita menggunakan IP dari negara yang telah kita pilih menggunakan VPN. Misal, saat kita menggunakan VPN dari negara singapura maka koneksi jaringan internet yang digunakan adalah jaringan internet dari singapura.

Agar bisa memahami cara kerja VPN ini, ada baiknya kita simak dari penjelasan berikut ini.

Cara Kerja VPN

Dari penjelasan di atas tadi maka kita dapat mengetahui fungsi dari VPN. Pada point ini kita akan membahas cara kerja dari VPN. Cara kerja VPN  adalah melakukan enkripsi pertukaran data melalui koneksi internet secara aman yang mengunakan jalur khusus atau tanpa menggunakan koneksi jaringan internet pada umumnya.

Dengan berinternet menggunakan VPN maka sebenarnya kita sudah menghindari adanya penyusup saat sedang melakukan pertukaran data menggunakan internet yang sewaktu-waktu bisa masuk ke jalur lintas jaringan pada umumnya.

Server VPN yang kita gunakan bertugas untuk meneruskan permintaan data pada situs yang sedang kita akses. Permintaan data atau situs yang sedang kita akses akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

Berikut adalah topologi dari koneksi jaringan internet yang menggunakan VPN.

VPN Topology

Dapat kita lihat dari toplogi di atas, ketika kita menggunakan VPN, data dienkripsi oleh aplikasi VPN setelah itu dikirimkan melalui Internet Service Provider (ISP) kemudian ke server VPN. Server VPN adalah perangkat ketiga yang menghubungkan kita dengan situs yang kita minta.

Apabila kita tidak menggunakan VPN atau koneksi jaringan internet standar maka tidak akan ada proses enkripsi data dan data yang kita minta dengan koneksi internet seperti ini bisa saja akan dilihat oleh orang lain.

Tidak ada masalah apabila kita mengakses hanya untuk sekedar nonton video, melakukan pencarian di google, hiburan dan bersosial media. Namun akan menjadi sangat penting ketika melakukan transaksi data penting seperti, email, bisnis, transaksi perbankan atau data yang dianggap penting lainnya. Oleh karena itu berbeda pula cara mengaksesnya.

Manfaat Menggunakan VPN

Ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan pada saat menggunakan VPN, antara lain adalah:

1. Remote Access

Dengan mengunakan VPN maka kita dapat mengakses jaringan komputer di kantor atau di mana saja melalui jaringan internet. Walaupun kita menggunakan jaringan luar, ketika kita telah menggunakan VPN maka jaringan kita bisa dikenali oleh internet menggunakan jaringan kantor.

2. ByPass

Kita bisa melwati pembatas terhadap situs yang tidak bisa diakses menggunakan jaringan biasa, namun dengan menggunakan VPN, situs yang tadinya tidak bisa kita akses dapat diakses menggunakan VPN. Misalnya situs yang diblokir oleh kebijakan pemerintah ataupun mengakses situs yang dianggap membahayakan, dan lain sebagainya.

3. Pengamanan Data Pada Jaringan Publik

Melindungi transaksi data yang kita lakukan dari WiFi, jaringan publik atau jaringan yang tidak dapat dipercaya. Misalnya jaringan publik seperti kafe, bar, dan semacamnya.

4. Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

VPN dapat menyembunyikan lokasi kita secara realtime atau langsung. Jadi, tidak sembarangan orang bisa mengetahui lokasi kita saat melakukan akses. Biasanya lokasi yang terdeteksi adalah lokasi server VPN berada.

5. Data Dienkripsi

Saat berselancar di internet data kita dienkripsi oleh aplikasi VPN. Sehingga meskipun seseorang melihat apa yang komputer kita kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi.

6. Meng-enkripsi Informasi Perangkat

Orang lain tidak bisa dengan mudah membaca perangkat yang sedang kita gunakan, atau apa yang sedang lakukan.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam menggunakan VPN ini. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  • Kerahasiaan data lebih aman.
  • Bisa mengakses website terblok.
  • Identitas IP asli tidak langsung diketahui.
  • Akses jaringan dari lokasi yang berbeda.

Kekurangan

  • Koneksi lebih lambat.
  • Koneksi tidak stabil.
  • Konfigurasi manual cukup rumit.
  • Ada batasan penggunaan.

Cukup Amankah Menggunakan VPN?

VPN dapat membuat koneksi jaringan kita sangat aman, namun tergantung dengan protokol yang kita gunakan untuk melakukan koneksi. Keamanan ini terkadang menjadi faktor utama.

Sebenarnya masih ada penghalang dalam menggunakan VPN yaitu:

Batasan Teknologi

Limitasi teknologi yang digunakan untuk mengembangan VPN, seperti tipe protokol dan enkripsi yang digunakan.

Batasan Hukum

Batasan hukum dan kebijakan memengaruhi apa yang dapat dilakukan pada suatu perkembangan teknologi itu. Begitu pula dengan undang-undang negara tempat server dan perusahaan penyedia VPN berada. Kebijakan perusahaan sendiri juga dapat mempengaruhi cara perusahaan yang menerapkan teknologi ini dalam layanan mereka.

Jadi boleh dibilang tidak sepenuhnya penggunaan VPN itu aman. Namun, paling tidak penggunaan VPN ini bisa lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi jaringan internet biasa.

Kapan kita harus menggunakan VPN?

Kapankah kita harus menggunakan VPN adalah alasan menarik dalam memaksimalkan penggunaan VPN ini. yakni ketika.

  • Membantu kita mendapatkan koneksi yang lebih aman saat menggunakan jaringan internet secara publik.
  • Mengenkripsi aktivitas kita pada situs web.
  • Menyembunyikan aktivitas kita terhadap orang yang ingin mencoba masuk kejaringan kita dan mengetahui secara diam-diam.
  • Menyembunyikan lokasi, dan mengizinkan kita mengakses geo-blocked content atau konten-konten yang diblok berdasarkan wilayah geografis.
  • Memastikan kita lebih anonim di dalam situs web.

Itulah beberapa penjelasan secara umum mengenai apa itu VPN dan cara kerjanya. Semoga tulisan ini memeberikan manfaat dan wawasan kita dengan teknologi VPN.

Share:
menu
menu