• Post
  • Berikut Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Komputer Atau Laptop

Berikut Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Komputer Atau Laptop

Berikut Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Komputer Atau Laptop

Berikut Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Komputer Atau Laptop - Perangkat elektronik saat sekarang ini seperti laptop, komputer ataupun smartphone tidak terpisah pada kehidupan kita sehari-hari. Terlebih lagi bagi Anda yang bekerja menggunakan perangkat ini yang bahkan sudah menjadi kebutuhan Anda sehari-hari. Komputer ataupun laptop sudah menjadi sebuah barang elektronik yang tidak bisa hilang dari keseharian kita. Dengan komputer atau laptop ini, Anda bisa lebih produktif dan memudahkan pekerjaan yang Anda hadapi setiap harinya. Selain itu, Anda dapat berselancar di media sosial dengan leluasa menggunakan perangkat ini.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan komputer ataupun laptop ini. Bermain game hingga seharian, mengerjakan tugas atau pekerjaan, menonton film bahkan menonton acara televisi, streaming pada berbagai situs dan lain sebagainya. Bahkan laptop yang sifatnya sangat fleksible, dapat dibawa kemana saja yang memudahkan kita untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dimana saja.

Perangkat seperti komputer ataupun laptop ini tentunya rentan sekali terkena virus, malware, worm, trojan, FAT virus ataupun sejenisnya jika tidak kita proteksi dengan baik. Apalagi saat kita beselancar di internet dan membuka situs yang sudah mengandung virus maka perangkat Anda akan gampang sekali terinfeksi. Bahkan saat sedang mengunduh sebuah file virus tersebut juga akan ikut terunduh pada komputer atau laptop Anda.

Terinfeksi virus pada komputer Anda bisa saja terjadi karena Anda tidak sengaja membuka situs-situs yang sudah terjangkit virus atau mengklik iklan-iklan yang tidak disarankan. Apabila sudah terjangkit pada perangkat Anda dan tidak segera diatasi tentunya dapat merusak sistem yang ataupun perangkat pada komputer Anda.

Ada banyak sekali jenis virus yang dapat menjangkit komputer atau laptop Anda, salah satu virus yang menyebalkan adalah virus shortcut. Virus ini adalah jenis virus yang mudah menular melalui storage device seperti Flash Disk, Memory Micro SD, External Hardisk dan lain-lain. Biasanya virus ini menginfeksi direktory file pada komputer dan storage device Anda.

Virus shortcut ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan membuat file Anda rusak ataupun corrupt bahkan mudah untuk diatasi. Akan tetapi virus ini jika dibiarkan akan mengganggu performa komputer Anda. Bahkan virus ini dapat menularkan dirinya ke perangkat lain jika ia terhubung pada komputer ataupun laptop Anda yang sedang terinfeksi.

ProDigital.web.id akan mengulas beberapa cara untuk mengatasi virus shortcut ini. Untuk itu, silahkan simak cara mengatasinya berikut ini.

1. Tampilkan hidden files

Unhide File Folders

Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menampilkan semua file hidden pada komputer ataupun laptop Anda. Caranya, silahkan buka control panel pada windows Anda, lalu pilih folder options dan masuklah ke dalam tab view. Lalu setelah itu, munculkan file hidden Anda dengan cara mengklik opsi "Show hidden files, folders and drives. Dengan melakukan langkah ini, maka bisa dipastikan seluruh file Anda yang ter-hidden akan muncul bahkan virus shortcut juga akan ikut muncul.

2. Lakukan proses remove attribute pada storage device Anda

command prompt

Pada langkah kedua ini Anda melakukan proses remove attribute. Silahkan buka Command Prompt Anda pada start menu. Setelah itu, ketiklah drive yang Anda ingin tuju, misalnya Anda ingin masuk ke drive D, lalu ketiklah pada Command Prompt Anda D: lalu tekan enter, maka sistem pada windows Anda akan menjalankan perintah untuk pindah ke drive yang Anda inginkan. Langkah selanjutnya adalah melakukan remove attribut dengan cara tuliskan "attrib -s -h -r /s /d" pada Command Prompt Anda tadi, kemudian tekan enter.

3. Hapuslah virus dari storage device

anti-virus

Langkah terakhir yang dapat Anda lakuka yakni dengan cara menghapus ataupun membuang virus dari storage device komputer dan laptop Anda. Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan, pertama menghapus menggunakan anti-virus, dan yang kedua yaitu menghapusnya secara manual. Apabila Anda memilih untuk menghapus virus tersebut dengan menggunakan anti-virus, Anda cukup melakukannya dengan cara scanning.

Jika Anda ingin menghapusnya secara manual, silahkan hapus file yang terkena virus shortcut yang telah tertera pada komputer Anda, biasanya virus ini berekstensi file '.ink'. Namun akan sangat disarankan menghapusnya dengan anti-virus dikarenakan dengan menggunakan anti-virus akar-akar virus shortcut ini dapat diberantas habis oleh anti-virus.

Inilah langkah-langkah yang dapat ProDigital.web.id jabarkan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Share:
menu
menu