• Post
  • Cara Menghentikan Unduh Otomatis Foto dan Video pada WhatsApp

Cara Menghentikan Unduh Otomatis Foto dan Video pada WhatsApp

Cara Menghentikan Unduh Otomatis Foto dan Video pada WhatsApp

Tips kali ini ProDigital.web.id akan mengulas bagaimana cara menghentikan unduh otomatis foto dan video otomatis pada WhatsApp.

Pengunduhan otomatis adalah fitur bawaan yang ada pada WhatsApp. Terkadang fitur ini membuat ruang penyimpanan smartphone kita menjadi cepat penuh dan mengacaukan ruang penyimpanan pada smartphone kita.

WhatsApp telah digunakan lebih dari 1,2 miliar orang yang ada di seluruh dunia. Unduhan secara otomatis menjadi kendala ketika semua file media tersimpan secara otomatis, dari gambar, GIF, belum lagi file audio dan video. Apalagi jika media penyimpanan kita tidaklah besar, tentu mengganggu sekali.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus melakukan beberapa langkah untuk menghentikan fitur WhatsApp ini dari mengunduh audio dan foto di ponsel secara otomatis, berikut langkah tersebut:

WhatsApp Android

Untuk menghentikan pengunduhan otomatis Whatsapp Android memiliki pilihan yang memungkinkan kita menghentikan file video, audio dan gambar agar tidak diunduh. Pertama kita membuka aplikasi pesan WhatsApp, kemudian pilih pengaturan.

Setelah itu ketuk Pengaturan Obrolan dan silahkan pilih Unduhan otomatis media. Maka terlihat ada tiga opsi: saat menggunakan data seluler, saat roaming dan saat terhubung pada Wi-Fi. Silahkan ketuk masing-masing dan nonaktifkan unduhan otomatis dengan menghapus centang ketiga opsi, Audio, Gambar dan Video.

WhatsApp iOS

Sementara ini untuk menghentikan pengunduhan otomatis dan menyimpan video, gambar, dan media lain di WhatsApp iPhone, kita bisa menonaktifkan pengunduhan otomatis melalui menu Pengaturan. Caranya kita harus membuka WhatsApp, lalu ketuk tombol Pengaturan dan ketuk Penggunaan Data dan Penyimpanan.

Kemudian di dalam menu tersebut, ada opsi Unduh Otomatis Media di bagian atas. Untuk Audio, foto, Video, dan Dokumen, pilih opsi Jangan, pilih file yang kita inginkan untuk diunduh secara manual akan muncul, bahkan kita dapat memilih untuk menghentikan foto dan video agar tidak muncul di galeri ponsel.

Yang perlu dilakukan adalah masuk ke Obrolan di Pengaturan, buka menu Simpan ke Rol Kamera, dan matikan. Ini menghentikan gambar yang dikirim orang yang muncul di rol kamera dan juga mengambil alih Stream Foto kita yang disinkronkan.

Tidak menyimpan gambar, audio ataupun video secara otomatis memiliki kelebihan sendiri. Tapi juga berarti bahwa kita harus mengunduh setiap foto secara manual. Jika kita akhirnya ingin mengunduh setiap gambar, maka mungkin yang terbaik adalah membiarkan fitur ini aktif.

Share:
menu
menu