Hardware Tips dan Trik

Begini Cara Merawat Power Bank Agar Awet Digunakan

Begini Cara Merawat Power Bank Agar Awet Digunakan

Begini Cara Merawat Power Bank Agar Awet Digunakan - Bagi kamu yang memiliki mobilitas yang tinggi, power bank adalah sebuah perangkat yang akan selalu menemani kamu untuk pada setiap aktifitas yang akan kamu jalani. Terlebih lagi apabila baterai smartphone kamu sudah kritis dan kamu tidak sempat untuk mengisi daya menggunakan listrik.

Dengan kebutuhan dan ketergantungan kita menggunakan power bank yang semakin sering digunakan maka umur dari power bank ini akan semakin berkurang. Sehingga kinerja power bank ini akan semakin lemah dan tidak maksimal.

Bagi kamu yang memiliki power bank, akan sulit rasanya untuk men-charge daya baterai smartphone apabila power bank kamu tidak bekerja secara maksimal. Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar membuat power bank nyaman digunakan dan awet, seperti dilansir laman vanguardngr beberapa waktu lalu:

1. Pilihlah power bank yang berkualitas

Berawal dari pertama kali kamu membeli sebuah power bank yang akan kamu gunakan. Pilihlah power bank yang berkualitas agar kamu dapat menggunakannya secara awet dan tahan lama, Jangan tanggung-tanggung dan jangan membeli power bank dengan harga murah, karena kebanyakan power bank yang harganya murah kualitasnya sudah jelas tidak bagus dan masa penggunaannya juga sebentar.

Di pasar saat ini, ada banyak power bank murah dalam berbagai kapasitas penyimpanan daya. Mulai dari 2.500 mAh hingga 50.000 mAh yang besarnya berlebihan. Dengan harga yang menggoda dan kapasitas penyimpanan dayanya juga tidak sesuai dengan standar,tentu saja power bank jenis ini begitu mengkhawatirkan. Untuk itu jangan segan dengan kualitas dan harga power bank yang cukup mahal

2. Pengisian daya yang sesuai

Seperti smartphone baru, power bank yang baru juga memerlukan pengisian daya yang memadai sebelum ia dapat digunakan. Artinya, berapa lama kamu mengisi daya pada power bank kamu sebelum digunakan, akan memainkan peran besar pada umur power bank kamu.  Untuk itu pengisian daya pada power bank tidak bisa dilakukan secara terus menerus.

3. Pastikan kompatibilitas power bank sesuai dengan perangkat yang diisi

Periksalah power bank kamu, apakah kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan. Setiap power bank memiliki ketentuan daya yang berbeda untuk pengisian daya pada perangkat kamu. Apabila tidak kompatibel pada perangkat kamu dikhawtirkan akan merusak perangkat ataupun power bank yang kamu gunakan.

4. Jaga power bank Anda dalam kondisi baik

Semua perangkat elektronik memiliki tingkat keausan sendiri. Jagalah power bank kamu dengan baik, jangan biarkan power bank kamu masih tercolok kelistrik terlalu lama dan simpan di tempat sejuk dan kering, jangan disimpan di tempat yang panas seperti diatas alat elektronik yang mengeluarkan panas seperti diatas kulkas, komputer atau alat elektronik lainnya yang sedang menyala.

5. Hindari penggunaan smartphone sambil mengisi daya pada power bank

Saat smartphone kesayangan kamu sedang mengisi daya dari power bank hindarilah penggunaannya seperti sambil bermain game atau malakukan atau menjawab panggilan dari smartphone ketika sedang di-charge dari power bank. Selain tindakan tersebut dapat membahayakan kesehatan kamu, tindakan itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada kedua perangkat kamu.

6. Sebisa mungkin hindarilah dari menjatuhkannya

Hal ini terkadang sulit kita duga, namun berusahalah untuk tidak menjatuhkannya pada tempat yang keras atau dari ketinggian. Kerusakan internal ataupun fisik dapat disebabkan jika power bank jatuh sembarangan. Selain itu hindarilah meletakkan benda-benda yang berat, terpijak ataupun terduduk di atas power bank kamu. Terkadang ada sebagian orang yang meletakkan power bank mereka pada saku belakang dan itu adalah hal yang keliru. Hal tersebut adalah cara yang salah dalam menangani perangkat karena power bank juga adalah perangkat yang sensitif.

7. Hindari menggunakan charger eksternal

Terkadang hal ini kita sepelekan namun ini adalah suatu yang juga harus kita hindari. Gunakanlah pengisi daya asli untuk mengisi daya power bank kamu, jangan menggunakan pengisi daya eksternal yang bukan bawaan dari power bank yang kamu beli. Hal ini dilakukan karena menggunakan pengisi daya eksternal tidak hanya mempengaruhi power bank kamu, tapi juga perangkat smartphone kamu.

Walaupun terkadang hal-hal yang sepele namun terkadang dengan hal-hal yang sepele ini bisa menghindari power bank kami dari umur yang pendek. Tetaplah hemat pada penggunaan power bank kamu, ini lebih baik dari pada harus merogoh kocek untuk membeli power bank kamu.

Mudah-mudah tips ini dapat membantu kamu agar tetap awet dalam menggunakan power bank kesayangan kamu.