Smartphone Artikel Internet Hardware Berita

Dukung Jaringan 5G, Qualcomm Siapkan Chipset Snapdragon 865

Dukung Jaringan 5G, Qualcomm Siapkan Chipset Snapdragon 865

Dukung Jaringan 5G, Qualcomm Siapkan Chipset Snapdragon 865 - Qualcomm tengah menggebu-gebu akan mengeluarkan chipset terbaru andalannya yakni Snapdragon 865. Chipset ini diprediksi akan menjadi sebuah persaingan ponsel kelas atas pada 2020 mendatang. Qualcomm Snapdragon 865 dikabarkan akan dirilis akhir tahun ini.

Informasi dari halaman Android Pit, pada Selasa 7 Mei 2019 lalu, chipset ini akan menawarkan dua versi koneksi jaringan, yang pertama koneksi 4G dan kedua koneksi 5G. Meskipun saat ini koneksi jaringan 5G masih terbatas pada beberapa negara, produsen smartphone saat ini sedang bergegas untuk merancang produk mereka agar kompatibel dengan chipset Snapdragon 865 ini.

Snapdragon 865, kabarnya akan menjadi SoC (System on Chip) pertama Qualcomm dengan modem 5G yang terintegrasi. Pada chipset versi sebelumnya yakni Snapdragon 855 sebenarnya saat ini sudah cocok untuk modem jaringan 5G, namun jika menggunakan modem 5G eksternal Snapdragon X50. Hal inilah yang diterapkan oleh Xiaomi Mi MIX 3 5G dan Samsung Galaxy S10 5G.

Sementara itu chipset Snapdragon 865 ini, modem telah diintegrasikan di dalam prosesor itu sendiri, sehingga memberi banyak ruang yang ada pada perangkat smartphone.

Qualcomm telah mengkonfirmasikan bahwa akan menggunakan module antena sub-GHz dan mmWave generasi kedua. Hal ini akan menampilkan teknologi PowerSave 5G baru yang akan meningkatkan masa pakai baterai pada smartphone. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan pemborosan pada baterai smartphone mereka untuk penggunaan jaringan 5G. 

Saat ini banyak sekali pengguna smartphone telah menggunakan jaringan 4G yang merupakan kebutuhan primer pada jaringan smartphone mereka. Pada versi duplikat chip ini, Qualcomm ingin memberi pabrikan pilihan antara memasukkan koneksi 5G atau melanjutkan dengan 4G biasa. Dikarenakan jaringan 5G masih dalam masa perkembangan dan juga masa transisi, masuk akal jika Qualcomm menawarkan pilihan ini. 

Saat ini SoC Qualcomm telah menjadi produk pilihan bagi sebagian besar produsen perangkat smartphone yang berbasis Android. Sementara itu pesaing mereka, seperti MediaTek belum memiliki prosesor dengan modem jaringan 5G.

Bahkan, salah satu perusahaan pesaing ketat mereka dikabarkan sedang dalam pengembangan modem smartphone, Intel harus mengakui kehebatan Qualcomm. Mereka pun memutuskan untuk memberhentikan lini bisnis tersebut pada beberapa waktu lalu.