• Post
  • Android Q Dapat Hidupkan Mode Gelap Otomatis

Android Q Dapat Hidupkan Mode Gelap Otomatis

Android Q Dapat Hidupkan Mode Gelap Otomatis

Android Q Dapat Hidupkan Mode Gelap Otomatis - Siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi Android. Ya, sistem operasi ini memang sangat populer pada smartphone kita. Perkembangannya pun juga sangat pesat sekali. Sistem operasi di bawah naungan Google ini memang sangat diminati para penggunanya dengan kemudahan dan banyak sekali aplikasi yang ditawarkan oleh sistem operasi ini. Selain itu, sistem operasi ini juga digemari oleh para pengembang aplikasi yang berbasis Android.

Salah satu sistem operasinya yakni Android Q akan memperkenalkan fitur uniknya yaitu mode gelap sistem lebar (system-wide dark mode). Fitur ini telah disebarluaskan namun masih dalam versi beta dan dapat diatur jadwal aktivasinya.

Kelebihan dari fitur ini adalah kamu tidak perlu repot-repot menyalakan atau mematikan mode gelap pada smartphone kamu nantinya.

Fitur ini juga akan bekerja sesuai dengan jadwal yang sudah diatur. Misal, saat malam hari mode gelap pada fitur ini akan aktif dan akan mati pada pagi harinya. Pengguna tentunya harus menyetel pengaturan aktifasi mode gelapnya untuk malam hari. Lalu ia dapat juga menjadwalkan kapan mode gelap ini akan dinonaktifkan.

Fitur mode gelap ini tentunya akan mempermudah pengguna yang tanpa harus menyalakan atau mematikan mode gelap secara manual pada smartphone mereka.

Selain itu, pada mode gelap ini juga dapat mendeteksi kapan baterai smartphone kamu akan kritis. Saat baterai smartphone akan kritis maka smartphone kamu akan mati lebih awal secara otomatis.

Google juga menyatakan bahwa pada mode gelap ini sangat membantu untuk penghematan masa pakai baterai pada smartphone kamu. Dikabarkan bahwa berkat mode gelap ini konsumsi daya pada baterai ternyata dapat hemat hingga 50 persen. Terlihat bahwa, kurangnya cahaya pada layar smartphone pengguna tentunya mempengaruhi berapa banyak kapasitas baterai yang terpakai.

Fitur mode gelap ini ternyata bukanlah hal baru pada Android Q. Fitur yang sama sebenarnya sudah ditanamkan pada versi beta sebelumnya.

Untuk informasi, tanggal 13 Maret 2019, Android Q Beta 1 telah diluncurkan dan dapat diunduh untuk seri Pixel, Pixel 2, dan Pixel 3. Untuk Beta 2 telah diluncurkan pada 3 April lalu, Beta 3 akan diluncurkan pada awal Mei dan Beta 4 pada awal Juli.

Sayangnya, pihak Google masih belum mau menginformasikan mengenai kapan peluncuran OS Android Q atau Android generasi kesepuluh ini.

Untuk Beta 5, Beta 6 dan peluncuran final kemungkinan akan dilakukan pada kuartal ke-3 tahun ini.

Share:
menu
menu