Komputer Artikel

Tips Agar Komputer Tidak Terserang Virus

Tips Agar Komputer Tidak Terserang Virus

Tips Agar Komputer Tidak Terserang Virus - Memiliki perangkat elektronik seperti komputer ataupun laptop, tentunya tidak lepas dari masalah serangan virus, ransomware, malware, worm dan sejenisnya. Terutama jika memiliki usaha yang berbasis online, segala carapun "dihalalkan" agar semua perangkat yang kita gunakan aman.

Walaupun bukan pelaku usaha berbasis online, tentunya keamanan adalah hal yang penting. Beragam file seperti tugas kampus, materi kuliah, software dan film bahkan file skripsi akan dijaga dengan ketat.

Virus terkadang datang tanpa kita sadari, atau kita lupa bahwa mungkin kita telah melakukan sesuatu pada komputer kita. Virus bisa masuk pada komputer kita melalui beberapa hal seperti; mengakses internet dimana terdapat situs yang mengandung virus atau malware, colokan flashdisk ataupun harddrive orang lain yang telah terjangkit virus dari komputer lain ataupun komputer yang telah terjangkit virus dan komputer kita berada dalam jaringan komputer tersebut.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan virus ini, tentunya komputer kita harus memiliki perawatan yang cukup pada software yang ada didalamnya. Nah, supaya komputer kita tidak mudah terkena virus dkk, yuk praktikkan beberapa tips berikut.

1. Gunakan antivirus yang udah terjamin kualitasnya

Beberapa software antivirus populer seperti Avast, AVG, Kaspersky dan Avira dapat dipertimbangkan untuk melindungi komputer dari berbagai serangan yang bersifat merusak. Jika memiliki dana lebih, belilah produk tersebut untuk tingkat keamanan lebih tinggi.

Namun, versi gratis juga tidak kalah hebatnya dengan yang berbayar namun tentunya fasilitas yang didapatkan terbatas. Bagi Anda yang suka gratisan, Anda mempertimbangkan Avast versi free atau antivirus gratis buatan Microsoft, Windows Defender.

2. Selalu update semua aplikasi pada komputer Anda

Pembaharuan sebuah aplikasi tidak hanya untuk mengatasi bug yang ada atau penambahan fitur. Biasanya pembaharuan sebuah aplikasi juga membawa patch untuk menutupi celah keamanan dan meningkatkan keamanan aplikasi tersebut.

Jadi, pastikan semua aplikasi yang digunakan adalah versi yang paling terbaru.

3. Sebaik mungkin, gunakan OS versi terbaru

Jika Anda pengguna Windows lawas, sebaiknya segeralah untuk upgrade ke Windows 10. Selain mendapat dukungan aplikasi yang lebih banyak, Windows 10 juga diklaim aman oleh Microsoft. Begitu pula jika Anda menggunakan perangkat buatan Apple, pastikan perangkat Anda berada pada OS paling terbaru.

4. Instal aplikasi hanya dari sumber terpercaya

Sebaiknya install lah aplikasi dari sumber terpercaya seperti Windows Store (Sekarang Microsoft Store) atau dari website resmi penyedia aplikasi/software tersebut. Meskipun sudah menginstal dari sumber terpercaya, ada baiknya kita berhati-hati sebab sekarang ini banyak aplikasi palsu yang berseliweran di Store resmi. Untuk mencegahnya, kita perlu melihat rating dan komentar pengguna aplikasi tersebut.

Namun, tidak perlu khawatir berlebihan. Kebanyakan virus, ransomware, worm dan sejenisnya biasanya menargetkan perusahaan skala besar karna keuntungan yang didapatnya lebih besar ketimbang individu. Lagi pula, jika sudah mempraktekkan 4 tips di atas, Anda sudah tidak perlu lagi khawatir dengan hal tersebut.

Yuk share artikel ini jika bermanfaat dan silahkan tinggalkan komentar Anda. Silahkan tunggu tips dan trik terbaru dari artikel Pro Digital.