Artikel Berita Gadget

Aplikasi Hand Wash Membantu Pengguna Samsung Galaxy Watch Rajin Cuci Tangan

Aplikasi Hand Wash Membantu Pengguna Samsung Galaxy Watch Rajin Cuci Tangan

Prodigital.web.id - Samsung di bulan April 2020 ini meluncurkan aplikasi Hand Wash untuk pemakai Samsung Wearable. Aplikasi tersebut bisa dapat diunduh via Galaxy Store, untuk pengguna Gear Sports, Gear S3, Galaxy Watch dan Active, serta Galaxy Watch Active2.

Aplikasi yang tersedia pada Galaxy Watch dan lainnya itu dibuat dengan tujuan, untuk membantu pengguna terbiasa mencuci tangan dengan baik dan benar.

Pasalnya, dari pepatah umum mengatakan, bahwa untuk menjadikan sebuah kebiasaan diperlukan waktu 30 hari lamanya.

Sementara saat kebersihan pribadi menjadi sesuatu hal penting, maka praktik paling baik dari kebersihan yaitu harus melakukannya setiap hari serta menjadi terbiasa.

 

Fungsi Aplikasi Hand Wash pada Samsung Galaxy Watch

Seperti diketahui bahwa di saat pandemi Covid-19 ini, diwajibkan setiap orang untuk rutin atau rajin mencuci tangan dengan benar.

Hal itu disebabkan karena diklaim bahwa dengan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir itu, bisa membunuh virus Corona.

 

Mengatur Waktu Alarm untuk Mencuci Tangan

Adanya situasi pandemik sekarang ini, kesadaran akan pentingnya cuci tangan sesering mungkin serta secara menyeluruh sudah meningkat.

Inilah sebabnya Samsung mengembangkan aplikasi Hand Wash. Aplikasi ini untuk memberikan panduan tentang seberapa sering dan bagaimana pengguna wajib mencuci tangannya.

Aplikasi besutan Samsung ini bisa ditemukan dengan melakukan pencarian ‘Hand Wash’ di bagian Watch pada Galaxy Store.

Serta langsung bisa membantu pengguna untuk mengingat mencuci tangan, pada waktu yang sudah dijadwalkan dengan teratur sepanjang hari.

Untuk fungsi alarm tersebut, pengguna Galaxy Watch besutan Samsung ini bisa memilih tombol pengingat. Tombol tersebut untuk mengubah atau menambah pengaturan waktu alarm.

Misalkan, pengguna bisa mengatur alarm yang akan memberi tahunya setiap 2 jam. Sehingga, pengguna bisa memastikan untuk mencuci tangan secara berkala dan rutin. Jumlah alarm yang dapat diatur, sehingga mereka bisa menentukan target yang ada di dasbor aplikasi.

Adapun sistem kerja dari aplikasi Hand Wash ini adalah akan membunyikan alarm. Tujuannya supaya para pengguna Galaxy Watch Samsung itu bisa mengingatkannya untuk cuci tangan dengan interval rutin.

 

Membantu Cuci Tangan dengan Benar

Rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, bahwa untuk mencuci tangan dilakukan setidaknya selama 25 detik.

Sedangkan aplikasi yang ada pada Samsung Galaxy Watch itu terdapat fungsi hitung mundur. Di situlah fungsi tersebut sangat berguna bagi yang ingin mencuci tangan.

Hitungan mundurnya adalah selama 25 detik untuk mengoleskan sabun pada tangan, serta 20 detik lagi untuk menggosoknya atau membilas dengan air bersih dan mengalir.

Jadi, alarm akan memberitahu pengguna Galaxy Smart Watch saat mencuci tangan, yaitu dengan mengetuk dan menggeser perangkat tersebut.

Selain itu, semua perangkat Galaxy Smart Watch dari Samsung ini tahan air, sehingga tidak perlu melepas alat ini saat pengguna mencuci tangan.

Pada dasbor aplikasi Hand Wash, pengguna bisa dengan gampangnya melacak berapa lama terakhir mencuci tangan. Dan, melihat jumlah target cuci tangan setiap harinya serta sudah berapa kali melakukan cuci tangan sejauh ini seharinya.

Sementara untuk membantu meningkatkan kebiasaan mencuci tangan, pengguna juga bisa memanfaatkan fungsi dari Pelacakan Tren Cuci Tangan yang ada pada aplikasi ini.  

Jadi, untuk mencegah penyebaran kuman dengan efektif, cara mencuci tangan juga sama pentingnya dengan frekuensi ketika melakukannya.

Ketika melakukan kegiatan tersebut, tidak hanya diharuskan untuk menggosok telapak tangan saja, melainkan juga area diantara jari-jari serta punggung tangan.

Sehingga dengan adanya aplikasi Hand Wash yang ada pada Samsung Galaxy Watch, bisa membantu pengguna perangkat tersebut membersihkan tangan dengan benar dan menyeluruh.