Smartphone Artikel Berita

Kelebihan HP Oppo A8, Harga Terjangkau dengan Spek Tangguh

Kelebihan HP Oppo A8, Harga Terjangkau dengan Spek Tangguh

Prodigital.web.id - Kelebihan HP Oppo A8 tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, HP Oppo A8 atau nama lainnya A31 ini, merupakan smartphone kelas entry-level yang menawarkan beragam fitur serta teknologi unggulan di segmennya.

Seperti pada layar yang luas, baterai dan memori dengan kapasitas besar, sampai chipset yang dipasang mumpuni.

Bukan cuma itu, pada sektor fotografi pun smartphone besutan vendor Tiongkok ini terbilang keren. Dengan triple camera di belakang yang jelas bisa memuaskan anak muda sebagai sasaran utama dari HP Oppo A8 tersebut.

HP Oppo A8 atau A31 sendiri dirilis pertama kakli pada akhir tahun 2019 lalu. Namun hadir di pasar ponsel Indonesia pada bulan Februari 2020.

Kelebihan HP Oppo A8 yang Pas Buat Anak Muda

Seperti disinggung di atas, bahwa ponsel Oppo A8 atau A31 ini dirancang untuk anak muda yang ingin tetap penuh gaya. Sebab di dalamnya dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Meski smartphone besutan Oppo ini dibekali segudang fitur keren, akan tetapi untk harganya tetap terjangkau.

Penasaran seperti apa kelebihan dari HP Oppo S31 tersebut? berikut ulasannya

 

RAM dan Internal Memori Besar

RAM dan internal memori menjadi dalah satu kelebihan HP Oppo A8. Ponsel besutan Oppo ini dibekali dengan RAM berkapasitas 4 GB dengan tipe LPDDR3 / LPDDR4x.

Sedangkan pada bagian penyimpanan internal dipasang memori dengan besaran 128 GB. Bukan hanya itu, Oppo A8 atau Oppo A31 ini juga memiliki slot memori eksternal (microSD), yang bisa menambah kapasitas penyimpanan.

Dengan besaran RAM dan internal memori pada Oppo A8 tersebut, maka pengguna tidak perlu khawatir saat membuka aplikasi secara bersamaan, atau bermain game sekalipun.

 

Kapasitas Baterai Besar

Sedangkan di bagian daya baterai, HP Oppo A8 atau A31 ini dibekali dengan kapasitas lumayan besar sampai 4230 mAh. Akan tetapi salah satu kekurangannya adalah tidak adanya pengisian cepat. Smartphone ini hanya mengandalkan pengisian ulang 10W.

Meski begitu, diklaim pihak Oppo bahwa ponsel tersebut dapat dipakai untuk bermain game sampai 7 jam tanpa henti, dan 14 jam lamanya untuk menonton video.

 

Chipset yang Kompatibel dengan Perangkat

Kelebihan HP Oppo A8 lainnya adalah pada bagian prosesor atau otaknya. Perangkat besutan Oppo ini menggunakan chipset Helio P35 SoC besutan MediaTek.

Mengutip dari situs resmi MediaTek, bahwa prosesor tersebut sudah mendukung smartphone khusus dengan resolusi Full HD+. Serta, aspek rasio 20:9, yang tentunya kompatibel dengan spek dari A8 atau Oppo A31.

Chip MediaTek Helio P35 SoC tersebut mempunyai sejumlah keunggulan. Misalnya pada bagian CPU yang memakai octa core ARM Cortex-Ark. CPU tersebut bisa beroperasi sampai berkecepatan 2,3 GHz.

Selain itu, smartphone Oppo ini sudah dilengkapi pengolah grafis atau GPU dengan menggunakan PowerVR GE8320.

 

Triple Camera di Belakang

Pada bagian kamera juga termasuk kelebihan dari HP Oppo A8. Seperti di bodi belakang yang memiliki konfigurasi triple camera atau tiga kamera.

Lensa 16 MP bertindak sebagai kamera utama, serta 2 MP berfungsi sebagai lensa makro dan kamera potrait. Ketiganya tersusun secara vertikal di sebelah kiri atas.

Selain fitur LED flash, panorama dan HDR, Oppo A8 juga memiliki fitur berteknologi Beautification. Fitur ini bisa menghasilkan foto lebih tajam, jernih, serta mengesankan.

Sementara di bagian depan dipasang lensa tunggal dengan sensor 8 MP. meski hanya satu, namun lensanya ini dinilai lumayan tangguh untuk selfie atau swafoto.

Tidak lupa, sama halnya dengan smartphone entry-level lainnya, pada kamera selfie A8 tersebut juga dilengkapi dengan fitur AI Beauty. Selain itu, terseida juga fitur HDR yang menghasilkan foto selfie tampak lebih nyata.

Kelebihan pada kamera baik di belakang atau depan, bisa dipakai untuk merekam video sampai berkualitas 1080p@30fps.

 

Layar Luas

Kelebihan HP Oppo A8 lainnya adalah memiliki layar luas, dengan ukuran 6,5 inci. Layarnya ini menghasilkan kedalaman sampai 16 juta warna, sehingga pada tampilan gambarnya jauh lebih tajam serta bening.

Sayangnya, kekurangan pada display Oppo A8 adalah resolusinya masih HD+ atau 720×1600 piksel. Sedangkan untuk aspek rasio layarnya mencapai 20:9.

Sementara untuk spesifikasi lainnya, HP Oppo A8 ini sudah menjalankan OS atau sistem operasi berbasis Android 9.0 (Pie), dan menjalankan tampilan antarmuka ColorOS 6.1.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan slot yang dapat menampung dua SIM Card serta 1 microSD. Sedangkan jaringan internet sudah 4G LTE.

 

Harga HP Oppo A8

Meski sudah hadir di Indonesia pada bulan Februari 2020 lalu, namun harga HP Oppo A8 tetap pada kisaran Rp 2,7 jutaan.

Dengan harga sebesar itu, perangkat kelas entry-level ini bisa memuaskan para konsumennya terutama anak muda.

Terlebih kelebihan HP Oppo A8 tidak usah diragukan lagi. Sebab, perangkat ini bisa mendukung aktivitas harian pengguna tanpa adanya hambatan.