Komputer Laptop Software Tips dan Trik

Blue Screen Pada PC Atau Laptop Anda? Berikut Cara Mengatasinya

Blue Screen Pada PC Atau Laptop Anda? Berikut Cara Mengatasinya

Terkadang disaat Anda sedang mengerjakan banyak pekerjaan pada PC atau laptop kesayangan Anda tiba-tiba laptop Anda mati dan muncul layar yang berwarna biru dengan seketika. Sehingga terkadang pekerjaan Anda terhenti karena hal tersebut. Memang menyebalkan sekali disaat Anda sedang fokus bekerja lalu PC atau laptop Anda tiba-tiba mengalami hal seperti itu. Kodisi ini biasanya dinamakan Blue Screen atau Blue Screen of Death.

Apa sih yang menyebabkan blue screen ini terjadi?

Pada dasarnya Blue Screen atau Blue Screen of Death (BSOD) merupakan sebuah kondisi dimana laptop yang sedang Anda gunakan tiba-tiba mati dan muncul warna biru secara total dilayar Anda dengan beberapa tulisan yang menunjukkan bahwa dalam laptop Anda telah terjadi crash sistem. Apalagi disaat Anda membuka banyak aplikasi komputer yang membuat komputer Anda bekerja dengan sangat keras dan membuat komputer Anda macet lalu terjadilah blue screen.

Hal ini dikarenakan ketika PC atau laptop Anda berada dalam kondisi blue screen maka biasanya adanya masalah yang terjadi pada hardware atau software yang berada pada laptop Anda. Blue screen akan secara otomatis terjadi ketika Windows dan Error Stop bertemu yang akan menyebabkan kegagalan yang fatal yang terjadi pada laptop Anda dan menyebabkan laptop Anda berhenti bekerja.

Tentu saja masalah tersebut harus segera diatasi dengan cepat. Selain itu, mengatasi blue screen juga penting untuk dilakukan karena ketika laptop Anda berada dalam kondisi blue screen maka data atau tugas yang sedang Anda kerjakan menjadi hilang tanpa tersisa. Tentunya ini merupakan hal yang sangat menyebalkan apalagi jika itu merupakan tugas atau data Anda bersifat penting.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi blue screen yang terjadi pada laptop Anda:

1. Scan Mallware

Cara mengatasi blue screen yang pertama adalah dengan scan malware. Ketika blue screen terjadi, maka secara otomatis atau default laptop Anda atau windows pada laptop Anda akan melakukan restart, dan ketika restart telah selesai maka akan sangat disarankan untuk Anda melakukan scan terhadap segala malware atau bahaya yang ada dalam laptop Anda menggunakan antivirus yang terpercaya.

Dengan melakukan scan pada PC atau laptop Anda terhadap malware, Anda bisa mengetahui dan menghilangkan kemungkinan virus lain yang akan menyerang laptop Anda sehingga blue screen bisa dicegah dikemudian hari.

2. Masuklah Dalam Keadaan Safe Mode

Coba Anda masuk pada PC atau laptop Anda dalam keadaan safe mode. Dalam keadaan safe mode, Windows akan secara otomatis mengambil beberapa driver utama yang penting. Hal ini dapat dilakukan terutama ketika blue screen yang terjadi disebabkan karena Anda salah menginstall driver komputer Anda hingga menyebab blue screen.

3. Periksa Hardware pada PC atau Laptop Anda

Terjadinya blue screen pada PC atau laptop Anda tidak hanya disebabkan oleh masalah software saja akan tetapi terkadang juga masalah hardware Anda. Salah satu cara untuk mengatasi blue screen yang sepert ini adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap hardware PC atau laptop Anda. Anda dapat melakukannya dengan cara menggunakan aplikasi bawaan dari Windows yakni Memory Diagnostic Tool pada start menu.

4. Update Driver Anda

Terkadang blue screen dapat disebabkan karena kesalahan install driver atau driver tersebut tidak diupdate. Mengatasi blue screen dapat dilakukan dengan cara menginstall driver terbaru atau mengupdatenya. Namun perlu diingat terkadang ada beberapa driver pada PC atau laptop Anda yang tidak diperkenankan untuk diupdate driver-nya, karena biasanya kendala lain akan terjadi ketika Anda sudah meng-update driver pada PC atau laptop kesayangan Anda. Sangat disarankan hal ini dilakukan oleh ahlinya atau oleh orang yang telah berpengalaman.

5. Install Ulang Sistem Operasi Anda

Install ulang secara total sistem operasi pada PC atau laptop Anda adalah pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami masalah blue screen. Dengan cara ini maka sistem yang berjalan pada PC atau laptop Anda akan berjalan seperti awal lagi dengan keadaan yang baru dan fresh.

Jika cara di atas masih saja tidak dapat diatasi maka silahkan bawa PC atau laptop Anda pada service center atau teknisi yang Anda percayai untuk mengatasi masalah ini.

Mudah-mudah informasi ini bermanfaat untuk Anda dan memberikan solusi pada komputer Anda yang bermasalah. Selamat mencoba. ^_^